Header Ads

Regina Tutup International Workshop on Documentary Film Production

Editor : Fariha Sulmaihati
Regina Heidecke dalam acara International Workshop on Documentary Film Production, Jumat (7/4). 
Yogyakarta, SIKAP – Ilmu Komunikasi, UPN “Veteran” Yogayakarta mendatangkan narasumber istimewa yang berasal dari Jerman, yaitu Regina Heidecke, dalam acara International Workshop Decumentery Film Production, pada hari Jumat (07/04/2017). Regina merupakan dosen di Frankfurt University sekaligus jurnalis sejak tahun 1978. Ia mengikuti Senior Experten Service (SES) Germany yang merupakan program para ahli di bidangnya untuk dikirim ke negara-negara tertentu.
Selama kurang lebih 2 minggu, 40 mahasiswa yang tergabung dalam enam tim membuat film dokumenter dengan latar belakang yang berbeda. Dari enam tim tersebut telah memberikan hasil yang maksimal dalam pra-produksi, pasca produksi hingga preview film. Regina tidak hanya memberikan materi soal bagaimana membuat film dokumenter, tetapi juga memberikan masukan maupun membantu para mahasiswa selama melakukan proses produksi. “Banyak pengalaman yang aku dapat, seperti teknik dan teknis dalam mendapatkan sebuah film dokumenter yang bagus dan saran dari miss Regina,” tutur Moh Maulana Septiady, salah satu peserta workshop di Lab. Public Relation, UPN Kampus II.

Acara ini menampilkan film dari enam tim. Diantaranya film tentang Pedicab Painter, Sexual Orientation, Code Village, Chess Passion, Traffic Volunteer, dan Javanese Singer. Regina mengapresiasi hasil kerja keras seluruh peserta dalam pembuatan film dokumenter singkat tersebut, dan ia merasa puas dengan film yang sudah dibuat oleh peserta pembuat film. Khususnya film Sexual Orientation, karena cerita dan audio visual yang mengagumkan.
Peserta International Workshop on Documentary Film Production berfoto bersama, Jumat (7/4). 
Banyak cerita dari peserta tentang masalah maupun hal yang menarik selama pembuatan film dokumenter, salah satunya Ayesha yang merupakan produser Chess Passion. Aye bercerita tentang kejadian yang lucu pasca produksi, yaitu ketika terkunci di dalam pasar karena sudah tutup, dan juga merasa menjadi orang yang keren, karena dilihat oleh orang-orang di pasar yang senang diambil gambarnya.

International Workshop on Documantery Film Production ditutup dengan penyerahan cinderamata yang diberikan oleh Dr. Subhan Afifi M.Si selaku Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi UPNVYK kepada Regina Heidecke, atas kerjasamanya sebagai pemateri dalam program SES Germany. Selain itu Regina juga menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada peserta. “Terimakasih untuk kebersamaanya terutama selama 2 minggu ini, jika kalian rindu dan ingin menanyakan apapun kepada saya, hubungi saja lewat email,” ucap Regina, dan acara dikahiri dengan foto bersama. (Dwi Atika Nurjanah)
Diberdayakan oleh Blogger.