Header Ads

Market Day 2016: Ajang Mahasiswa Belajar Wirausaha

Insiden kompor terbakar sempat mewarnai kegiatan Market Day 2016 yang berlangsung di Lobi FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta, Rabu (14/12). (foto: Syamsul Arifin)

Yogyakarta, SIKAP - Market Day pada hari Rabu (14/12) adalah tahun ketiga diselenggarakannya acara tersebut. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, acara ini bertempat di Lobby belakang FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 12.30 dikarenakan kondisi cuaca yang mulai tidak kondusif.

Rofida Adini, penjual Mojito, mengaku cukup senang dengan antusias pengunjung. Mojito yang dinamainya Jonas Mindul (Jogja paNas Mojito-in dulu) ini mampu menarik banyak pembeli. Hal tersebut terbukti dengan melebihinya order yang ia terima.


"Ya awalnya, kami cukup pesimis dengan Market Day hari ini. Jadinya ya cuma bawa stok sedikit. Eh, ternyata peminatnya malah membludak. Jadinya tadi sempet nyusulin stok lagi”, ungkapnya saat ditemui disela-sela kesibukan melayani pembeli. Rofida juga mengatakan bahwa perkiraan awalnya hanya akan laku 10 gelas saja. Tapi ternyata di luar ekspektasi, penjualan Jonas Mindul mencapai 20 gelas.

Selain Rofida, ada pula salah satu stand yang sempat mengalami kesulitan karena angin kencang yang menerpa Market Day dan menimbulkan kobaran api yang cukup mengejutkan pengunjung. Menurut salah seorang pemilik stand, Kimzirella, kobaran api disebabkan oleh pemantik api kompor yang terkena terpaan angin kencang, yang kemudian secara spontan dipadamkan menggunakan kaos dan guyuran air.

Market Day merupakan kegiatan praktek dari mata kuliah Kewirausahaan. Tahun ini, kegiatan ini dinilai cukup menyenangkan dan lebih ramai dari tahun sebelumnya. Puji Lestari selaku dosen pembimbing mata kuliah Kewirausahaan mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat antusias dengan acara ini. "Saya cukup senang dengan market day hari ini. Antusiasme mahasiswa benar-benar perlu diapresiasi dalam mensukseskan kegiatan hari ini. Saya perhatikan tadi beberapa stand terlihat benar-benar mempersiapkan hari ini dengan matang. Banyak juga kelompok yang sudah menggunakan logo perusahaan di produknya”, ungkapnya.

Selain menjadi prasyarat untuk mendapatkan nilai tugas akhir, Puji sendiri memiliki harapan agar mahasiswa bisa berlatih menjadi wirausahawan. "Dengan adanya kegiatan hari ini, mahasiswa jadi terpacu untuk memulai usaha. Lebih baik lagi kalau usaha yang dijalankan hari ini dapat diteruskan di luar kampus. Bisa di Sunmor atau tempat keramaian lain." pungkasnya. (Mardella Murtisari)
Diberdayakan oleh Blogger.