Header Ads

Sekjen Fotkom 401 Menjuarai Kompetisi Ajisaka

Editor: Muhammad Akbar Samudra
Pemenang Kompetisi Ajisaka kategori fotografi. (Sumber: instagram.com/komunikasiupnyk)
Yogyakarta, SIKAP ‒ Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta kembali meraih prestasi membanggakan di bidang fotografi. Bambang Gustiawan, mahasiswa Konsentrasi Jurnalistik, berhasil menjuarai Kompetisi Komunikasi Nasional Ajisaka UGM 2016 pada mata lomba Arjuna (Ajang Citra Berjuta Warna) di posisi kedua.
“Saya ikut lomba bidang fotografi, ya kebetulan karena saya di FOTKOM jadi saya masukkinnya foto. Kalau bidang lomba yang lain seperti iklan dan film itu butuh persiapan jauh-jauh hari,” ujar mahasiswa yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) FOTKOM 401.

Ketika ditemui di Pameran Dikjut FOTKOM 401 di STSRD VISI pada Kamis (10/11) malam, ia mengungkapkan mendapatkan informasi kompetisi itu dari dosen Jurnalistiknya. “Dalam kompetisi ini saya mengirimkan tiga foto sesuai tema “The Lost Identity”. Foto yang menang justru stok foto lama yang saya ambil tahun 2015 akhir, dibandingkan foto yang baru yang justru tidak menang,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan Fotkom 401 mengadakan kompetisi serupa, Bambang mengungkapkan belum memiliki program kerja seperti ini. “Di Fotkom 401, kami fokus pada pendidikan fotografi dan transfer ilmu ke anggota yang baru.”

Ajisaka merupakan Kompetisi Komunikasi Nasional dari UGM. Ajang ini dihelat setiap tahunnya. Tahun 2016 ini mereka menampilkan tema “The Outstanding Identity”. Dalam kategori fotografi, peserta diharapkan mampu menangkap potret kehidupan masyarakat yang telah kehilangan identitas diri mereka yang sebenarnya.

Bambang mengungkapkan pihak kampus mendukung mahasiswanya untuk mengikuti kompetisi di luar kampus semacam ini. “Kalau ingin ikut kompetisi di luar kampus, pede aja dengan karyanya. Jangan takut. Hidup ini dinamis, selalu berubah. Kalau kali ini tidak menang pasti ingin coba terus untuk ikut lomba,” pungkas mahasiswa asal Jambi ini. (Lajeng Padmaratri)
Diberdayakan oleh Blogger.