Header Ads

Mengelola Media Online yang Peka Terhadap Pembaca

Editor: Muhammad Akbar Samudra

Foto bersama pasca Workshop Pengelolalaan Konten Digital Pada Situs Berita yang berlangsung di Lab. Public Relations, Kamis (10/11). (foto: Farhan Kurniadi)
Yogyakarta, SIKAP - Social Media Expert Tribun Jogja, Mona Kriesdinar,  menjelaskan pentingnya sebuah media online peka terhadap kebutuhan pembaca dalam Workshop Pengelolaan Konten Digital Pada Situs Berita pada Kamis (10/11). Workshop tersebut berlangsung di Laboratorium Public Relations, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, UPN “Veteran” Yogyakarta.


“Karakteristik media online adalah real time” kata Mona saat memulai materi. Konten berita harus dapat sesuai dengan waktu penerbitan, sehingga berita dapat dikatakan aktual dan menarik untuk dibaca. Format berita pun harus dapat disesuaikan dengan pembaca saat ini yang lebih sering mengggunakan gawai  mereka. Dalam hal ini penggunaan foto dan video akan lebih menarik bagi pembaca, dibandingkan banyaknya tulisan berita.

Menurut Mona, media harus mengetahui segmentasi yang dituju serta berusaha untuk menjangkau semua pembaca. Sudut pandang berita harus dapat sesuai dengan segmentasi yang dituju. Gaya penulisan, konten berita, serta format berita harus dapat menarik. Oleh karena itu, diperlukan kepekaan dengan lingkungan sekitar terutama pembaca untuk menghasilkan karya yang menarik.

Penggunaan media sosial sebagai sarana informasi harus dapat dibedakan, karena masing-masingnya memiliki karakter yang berbeda. Media sosial yang digunakan nantinya harus dapat menjangkau sasaran yang dituju. Menganasila kecendrungan pemakaian media sosial para audiens tentunya akan memudahkan media untuk menjangkau para pembacanya. (Farhan Kurniadi).
Diberdayakan oleh Blogger.