Header Ads

Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini

Anak-anak SD yang sedang memperhatikan penyuluhan yang diberikan oleh narasumber (23/05)
SLEMAN, SIKAP - Kelompok mahasiswa, konsentrasi Public Relations jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembanguan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta, mengadakan acara berupa penyuluhan dan pemeriksaan mata gratis yang bertajuk‘I Love ME’(My Eyes), di Sekolah Dasar Negeri Perumnas 3, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, pada hari Senin (23/05).

Acara yang berlangsung sejak pukul 07.30-13.00 WIB tersebut, diikuti oleh puluhan siswa-siswi SDN Perumnas 3 beserta masyarakat umum. “Acara ini memang diprioritaskan bagi siswa-siswi SD sini, namun kami juga mengadakan acara bagi masyarakat umum sekitar,” ujar Alfat Rizqi, ketua kegiatan ‘I Love ME’.

Menurut Alfat, tujuan diadakan acara ‘I Love ME’merupakan wujud perhatian terhadap kesehatan mata sejak dini. “Bagi anak-anak dan masyarakat yang kesehatan matanya kurang, maka akan dirujuk ke optik yang sudah kami ajak kerja sama, dan akan mendapat voucher khusus,” ungkapnya.

Shinta salah satu peserta menuturkan bahwa senang dengan adanya acara ‘I Love ME’ untuk lebih tahu cara menjaga mata. Shinta merupakan peserta yang mendapat rujukan ke optik, hal tersebut dikarenakan anak usia 8 tahun ini terkena penyakit mata minus sebelah. ”Iya, saya tahunya kena minus setelah tadi periksa, sebelumnya saya tidak tahu karena belum pernah periksa sama sekali,”tutur siswa kelas 3 ini.

Selain itu salah satu peserta umum yang juga merupakan guru di SD Perumnas 3, Parjiyem, menuturkan bahwa acara ini sangat bermanfaat. ”Saya terkena mata plus 3, dengan adanya acara ini saya sangat senang bisa melakukan pemeriksaan mata secara gratis,” ungkap Parjiyem.

Disinggung mengenai pemilihan lokasi di SDN Perumnas 3, Alfat beralasan bahwa faktor ekonomi dari mayoritas keluarga murid di SDN Perumnas 3 berada di kategori menengah kebawah. “Kebanyakan anak-anak yang bersekolah disini adalah keluarga menengah kebawah, sehingga kemungkinan kurang memperhatikan kesehatan mata,”ujarnya.

Kepala Sekolah SDN Perumnas 3 Agus Wiyantamenyambut baik kegiatan ini. “Acara ini sangat bagus dan bermanfaat, kami berterimakasih kepada panitia yang sudah mengadakan acara ini,”pungkas Agus. Agus juga mengatakan bahwa setiap 3 bulan sekali dan awal semester, pihak sekolah selalu melakukan pemeriksaan kesehatan yang bekerjasama dengan puskesmas terdekat.

Asna Lita, pihak optik yang ditunjuk untuk melakukan penyuluhan dan pemeriksaan mata di SDN Perumnas 3 menuturkan bahwa menjaga mata itu perlu. ”Perhatikan pola hidup, kebiasaan bermain gawai, dan rutinitas lain yang memerlukan kerja mata,” ujarnya. Wanita yang dipanggil akrab Lita ini juga menambahkan bahwa kebiasaan menjaga mata anak dengan orang dewasa itu memiliki perbedaan. ”Perbedaanya cuman satu, anak-anak belum paham pasti apa fungsi mata, tahunya yang penting bisa lihat, sedangkan orang dewasa sudah paham tinggal bagaimana cara menjaganya,” tutupnya. (Jalu Rahman)
Diberdayakan oleh Blogger.