Header Ads

Mengatasi Kesulitan Manajemen Waktu Kuliah dengan Google Suite

 

Mahasiswa Rajin Mengatur Google Spreadsheet (Sumber: Muhammad Sunendra)

Mengawali perjalanan sebagai seorang mahasiswa baru bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak adaptasi yang perlu dilakukan mulai dari menghadiri kelas, mengerjakan tugas, mengikuti organisasi, dan sebagainya.

Kehidupan kampus terkenal sebagai dunia krisis waktu. Mahasiswa diharapkan mengikuti perkuliahan, menyelesaikan tugas, belajar untuk ujian, bekerja paruh waktu, dan tetap meluangkan waktu untuk kehidupan pribadi. Perjuangan untuk mengatur waktu secara efektif adalah nyata dan dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan kelelahan.

Lalu, bagaimana cara untuk menjaga manajemen waktu dengan baik? Berikut tips mengatur waktu yang bisa diterapkan di dunia perkuliahan.

1. Membuat To Do List Menggunakan Google Spreadsheet

To do list dari google spreadsheet (Sumber: Muhammad Sunendra)

Buatlah daftar tugas kuliah maupun organisasi terlebih dahulu. Selanjutnya, klasifikasikan tugas-tugas tersebut berdasarkan kepentingannya. Pembagian tugas berdasarkan kepentingan akan membantu pikiran tetap fokus dan meminimalisir terjadinya burn out.

Setelah tugas-tugas tertata, tentukan deadline untuk menyelesaikan tugas yang ada. Buat skala prioritas mana tugas yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Dalam menentukan prioritas, Eisenhower berpendapat kuadran prioritas  bisa dijadikan sebagai acuan.

2. Memasukan Deadline dalam Kalendar Google Spreadsheet

Kalendar Pribadi (Sumber: Muhammad Sunendra)

Langkah selanjutnya yaitu memetakan deadline tugas kepada format kalender. Hal ini akan sangat membantu otak lebih tertata dan menjadi motivasi untuk diri sendiri menyelesaikan tugas tepat waktu.

Deadline tugas dalam format kalender akan mengingatkan tugas-tugas lainnya pula, apabila tugas tidak selesai sesuai deadline. Maka mau tidak mau kedepannya akan banyak tugas yang harus dikerjakan secara bersamaan.

 3. Memasukan Kalendar ke Google Calendar Sebagai Pengingat

Pengingat Jadwal (Sumber: Muhammad Sunendra)

Tips yang terakhir yaitu gunakan google calendar sebagai pengingat. Seringkali kita lupa dengan aktivitas maupun deadline tugas yang harus dikerjakan. Oleh karenanya, google calendar akan sangat membantu mengingatkan agar tidak terlewat.

Nah, begitulah tips manajemen waktu yang bisa diimplementasikan. Tentunya dengan manajemen waktu yang baik produktivitas anak meningkat dan menghindari burn out berlebhan. (Muhammad Sunendra)



Editor: Razaqa Hariz


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.