Header Ads

KSM IRON FIRE dan KOIN Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta Gelar Pelatihan Jurnalistik

Suasana Journalistic Training yang digelar di 
Ruang Seminar FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta pada Rabu (06/09). (Sumber: Susi Lestari)

Yogyakarta, Sikap – Kelompok Studi Mahasiswa International Relation for Investigation and Research (IRON FIRE) dan Kajian Organisasi Internasional (KOIN) Jurusan Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta bekerja sama dengan Kompasiana telah menyelenggarkan pelatihan jurnalistik di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Yoygyakarta pada Rabu (06/09). Pelatihan dengan tema “Menyuarakan Opini dalam Kreasi Penulisan Ilmiah” kali ini turut mengundang Chief Operating Officer Kompasiana Nurulloh dan Dosen Hubungan Internasional UPN Veteran” Yogyakarta Ludiro Madu sebagai pembicara.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIBSetelah Master of Ceremony (MC) membuka acara, kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan sesi talkshow bersama pembicara. Ludiro Madu sebagai pembicara pertama menjelaskan mengenai teknik parafrase untuk mencegah plagiasi dalam penulisan artikel. Ia juga memaparkan cara untuk mendapatkan sumber referensi secara bijak agar dapat dimanfaatkan untuk memahami materi penulisan. SelanjutnyaNurulloh sebagai pembicara kedua membahas kiat-kiat menulis opini dalam pembuatan artikel di media massa. Untuk menciptakan tulisan opini di media massa, etika jurnalistik tetap harus menjadi landasan yang digunakan. Tak hanya itu, ia juga menegaskan bahwa elemen visual dan audiovisual serta cermat dalam memilih rujukan informasi juga jadi hal penting yang sebaiknya diperhatikan.

Pelatihan jurnalistik ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa Hubungan Internasional dalam memperluas pengetahuan tentang jurnlistik. Wanda Azzahra sebagai salah satu peserta pelatihan mengungkapkan, “Acara hari ini bersama Kompasiana menarik, karena aku juga suka menulis jadi benar-benar acara yang insightful buat aku,” ujarnya.

Kebutuhan akan kemampuan menulis yang baik ini mendorong terlaksananya pelatihan jurnalistik oleh KSM IRON FIRE dan KOIN Jurusan Hubungan Internasional UPN "Veteran" Yogyakarta. Ketua Pelaksana Journalistic Training Leny Ana Dev berharap agar pelatihan jurnalistik ini dapat menambah wawasan mengenai jurnalistik para peserta. Lebih lanjut, ia juga berharap agar kedepannya mahasiswa dapat menyuarakan opininya dengan leluasa pada media apapun, terkhususnya dalam kreasi penulisan ilmiah. “Harapannya dengan dilaksanakannya acara ini teman-teman mempunyai ilmu lebih dan dapat menghasilkan tulisan-tulisan yang baik,” tuturnya(Susi Lestari)

 

Editor: Mutiara Fauziah Nur Awaliah




 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.