Header Ads

Rayakan Ulang Tahun ke-21, FOTKOM 401 Gelar Pameran

Salah satu pengunjung yang sedang menikmati pameran. (Sumber: Rizki Al Afizd)

Yogyakarta, SIKAP – Merayakan usia yang ke-21, FOTKOM 401 menggelar kegiatan pameran foto bertajuk EN-COUR-AGE di Pendhapa Art Space. Pameran berlangsung selama tiga hari mulai Jumat hingga Minggu, (8-10/4/2022). Pameran ini menjadi bagian dari acara ulang tahun yang bertema “21 in 22”.

“Untuk tema ini sebenarnya tidak memiliki arti khusus. Sekarang FOTKOM sudah berumur 21 dan lagi menuju 22 tahun. Sesimpel itu sih artinya,” ujar Rafli selaku Ketua Panitia.

Pameran ini adalah agenda rutin dari tahunan dari FOTKOM. Sebelumnya pada tahun 2021, FOTKOM menggelar pameran bertema “Melampaui”. Sedangkan di tahun 2020, pameran dilaksanakan secara virtual dengan tema “Before the Quarantine”.

Baca juga: Melampaui, Perayaan Dua Dekade Berdirinya KSM Fotkom 401

Terdapat puluhan kreasi foto yang ada dan 19 karya di antaranya merupakan pilihan dari Novan Jemmi Andrea selaku kurator. Ia adalah dosen dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

“Udah dua kali ikut pameran fotografi FOTKOM. Baru pertama kali ini dilaksanakan secara luring. Rasanya kaget karena bisa secara luring jadi uforianya dapet gitu,” jelas Pradana sebagai salah satu pameris.

Menurut Pradana, karya yang ditampilkan merupakan karya baru yang memang khusus disiapkan untuk acara ini. Karya yang dipajang merupakan hasil dari anggota Fotkom angkatan 2018 dan 2019.

Pengunjung dari pameran ini berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa, alumni, ataupun masyarakat umum. “Pengunjung tidak hanya dari mahasiswa, tetapi dari masyarakat umum. Jumlahnya masih kami batasi sesuai sesuai reservasi yang kami sediakan. Meski demikian, acara tetap berlangsung ramai dan tentunya tetap mematuhi protokol yang ada,” ujar Rafli.

Rafli turut menjelaskan jika pameran ini mencapai puncak keramaian pada waktu setelah Magrib. Hal ini mengingat acara diselenggarakan tepat di bulan puasa.

“Pamerannya bagus dan banyak karya yang menarik. Salah satu yang keren itu aku lihat ada beberapa foto di pegunungan. Foto itu bikin aku pengen kembali ke tempat itu lagi,” ujar Nabila sebagai salah satu pengunjung.

Melalui pameran ini, Rafli turut mengungkapkan harapannya. “Semoga FOTKOM bisa menjadi lebih baik. Acara semacam ini semoga bisa selalu dilaksanakan secara rutin dengan terus melakukan perbaikan di tiap tahunnya,” pungkasnya. (Rizki Al Afizd)

 

Editor: Delima Purnamasari

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.