Header Ads

Potret Aksi Rakyat Menggugat di Simpang Tugu

Kamis (21/4) sore, simpang empat Tugu Yogyakarta diblokade massa aksi yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Bergerak (ARB). Massa yang terdiri dari berbagai elemen secara seragam mengenakan pakaian warna hitam. 

Tampak berbagai atribut berisi tuntutan yang dilayangkan pada aksi yang bertajuk “Rakyat Menggugat: Lawan Oligarki, Bangun Demokrasi yang Berkeadilan”.

No justice, no peace, fuck the police,” sorak para orator sembari mengacungkan jari tengah yang turut diikuti massa. Seorang transpuan berkaos ‘full-time feminist’ pun turut lantang menyuarakan isu perempuan. Dalam orasi, dirinya memperjuangkan pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT). 

Sepanjang aksi berlangsung, puluhan personil polisi diturunkan dan melingkari massa. Di tengah hiruk pikuk kemacetan, nyaring terdengar klakson dari para pengendara. Di balik itu, beberapa massa membantu menertibkan jalan dan memungut sampah. 

Aksi berakhir pasca massa melaksanakan buka puasa dan menegaskan ulang 14 tuntutan. Massa membubarkan diri dengan berjalan ke arah Jalan Jenderal Sudirman.



Reporter dan Editor: Arinda Qurnia

Redaksional: Delima Purnamasari


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.