Header Ads

Berburu Thrifting di Jogja Second Festival 2022

 

Kemeriahan Jogja Second Festival 2022. (Sumber: Instagram jogjasecondfest_)

Yogyakarta, SIKAP - Acara thrifting terbesar di Yogyakarta atau Jogja Second Festival kembali digelar pada tahun ini. Bertempat di Sleman City Hall, acara ini diadakan pada 3 sampai 6 Maret 2022. Acara dimulai pukul 10.00 s/d 20.30 WIB.

Jogja Second Festival ini merupakan acara yang telah digelar keempat kalinya. Tahun ini, mengusung tema “Reload Never Die.” Sebanyak 60 tenant dari pelaku usaha thrifting ikut memeriahkan acara. Selain berbagai tenant penjual pakaian bekas, pada kesempatan ini hadir pula beberapa artis lokal. Mulai dari Pursegipanjang, Ernan Jensen dan Marsully, Rizkiasya, Nyambi Kolektif, DJ Paws, Kotak Suara, hingga Chystal Beat. 

“Acara kali ini meriah sekali. Banyak tenant yang belum aku tahu sebelumnya tapi jual barang-barang bagus. Tadi juga ada penampilan dari musisi lokal, makin betah lama-lama di sini,” ucap Putri sebagai salah seorang pengunjung.

“Senengnya lagi, banyak barang yang diobral murah. Jadi, bisa borong,” imbuhnya.

Jogja Second Festival kali ini memang terkesan berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dari segi tenant yang berpartisipasi hingga acara hiburan selama festival. Dari segi harga pun tergolong murah, dengan Rp 50.000 saja pengunjung bisa membawa pulang satu buah item pakaian yang pastinya tidak kalah dengan barang baru. 

Untuk mengikuti acara ini pengunjung tidak dipungut biaya sepeserpun. Setiap pengunjung yang masuk, akan mendapatkan satu tiket dan satu stiker. Tiket nantinya harus dikembalikan pada saat hendak keluar dari acara.

Tidak hanya tenant yang menjual barang, ada juga tenant jasa ekspedisi yaitu JNE.  Mereka membantu para penjual thrift untuk mengirimkan langsung dagangan ke konsumen yang berasal dari luar kota dan ingin langsung dikirimkan pada hari itu.

“Adanya ekspedisi yang jadi sponsor di sini sangat membantu. Terutama untuk kami para pedagang thrifting yang mau ngirim dagangan langsung ke pembeli yang tidak bisa datang ke Jogja Second Fest,” tutur Fernando sebagai salah seorang pedagang.

Sebelum festival ini berlangsung, para pelaku usaha thrifting yang akan bergabung dalam acara Jogja Second Festival harus mendaftar terlebih dahulu hingga kuota tenant terpenuhi. Selain menjadikan ajang bersilahturahmi antar pengusaha thrifting, Jogja Second Festival menjadi media untuk meningkatkan penjualan serta mendapatkan pelanggan baru.

“Acara ini sangat membantu para pelaku usaha thrifting. Omzet yang kami dapat seharinya saja sampai lebih dari satu juta,” imbuh Fernando.

Karena berlangsung di masa pandemi, pengunjung Jogja Second Festival 2022 wajib untuk mematuhi protokol kesehatan. Misalnya, pindai peduli lindungi, cek suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak antar pengunjung.

Kontributor: Hanantomo

Editor: Syiva PBA


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.