Header Ads

Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta Ajak Mahasiswa Berwirausaha

 

Sesi foto bersama selama acara webinar (Sumber: tangkapan layar Bima Hindra)

Melalui webinar dengan tema “Creative Talk#2 Youth Action, Getting Ready For Youngpreneur,” HM Humas (Himpunan Mahasiswa Hubungan masyarakat) mengajak mahasiswa untuk berwirausaha. Acara ini diselenggarakan Sabtu (25/9/2021), melalui platform Zoom. Tak hanya mahasiswa, peserta dari kalangan umum pun ikut menghadiri kegiatan webinar tersebut.

Setelah sukses menyelenggarakan Webinar Kewirausahaan pertama. Pada tahun ke-2 Webinar Kewirausahaan HM Humas ini, bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada kalangan mahasiswa. Selain mengenalkan dunia wirausaha kepada mahasiswa, webinar ini diharapkan mampu memotivasi peserta untuk berani memulai usaha mereka sendiri.

“Alasan diadakannya Webinar Kewirausahaan kali ini supaya kita bisa memulai bisnis, dan membuaka lapangan pekerjaan untuk orang-orang,” ungkap Syahfira Nur Aulia sebagai Ketua Panitia.

Pembicara yang dihadirkan pada webinar ini memiliki latar belakang  menarik. Pertama adalah Amelinda Rahardjo, Co-Founder and Chief Production Officer of Bloomery Patisserie, Perusahaan yang bergerak di bidang cake and patisserie. Selain menjalankan usahanya, Amel juga masih berkuliah di Universitas Gadjah Mada.

Pembicara kedua yaitu Hendy Murti Sagita, S.Sn., ia merupakan Founder Hendy Draw Graphic Designer, sebuah perusahaan yang bergerak pada jasa pembuatan desain. Walaupun ia sekarang telah berkeluarga, ia memulai kariernya sejak masih kuliah.

Mengetahui latar belakang kedua pembicara yang memulai kariernya sejak duduk di bangku kuliah, membuat para peserta antusias. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Mulai dari bagaimana cara membangkitkan semangat usaha sebagai mahasiswa, hingga strategi berwirausaha pada masa perkuliahan.

“Acaranya seru, apalagi dihadirkan pembicara yang memotivasi, dua pembicaranya sama-sama mulai usaha pas masih kuliah,” ungkap Yolanda salah satu peserta webinar.

Amel yang masih menjalani kuliah saat ini, memahami betul kenadala yang dialami mahasiswa untuk memulai berwirausaha. Selain menjelaskan materi tentang kewirausahaan, Amel juga memberikan saran tentang kendala yang sering dialami mahasiwa. Sebagai seorang mahasiswa, menurutnya kemalasan adalah hal yang wajar, namun ia menyampikan bahwa kemalasan juga ada batasnya.

“Ketika seorang sudah berada pada titik tertentu kemalasannya, mau tidak mau ia harus mulai bergerak agar tak berada di titik yang sama tiap harinya,” ucap Amel saat sesi pemaparan materi.

Sementara memberi pesan pada mehasiswa untuk memanfaatkan masa muda dengan baik, walaun dengan segala kesibukan yang ada.

“Habiskan capekmu hari ini, kalua kalian nanti tuanya mau leha-leha. Maksimalkan harimu hari ini semaksimal mungkin,” ujar Hendy saat diminta memberikan pesan penutup bagi peserta webinar.

Penulis: Rizki Al-Afidz

Editor: Syiva PBA

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.