Header Ads

Internship Corner: "Bentuk Mimpimu dengan Magang di Luar Negeri: Perubahan untuk Dipekerjakan Selama Pandemi"

Poster acara Internship Corner AIESEC. (Sumber: AIESEC)

Covid-19 berdampak global tidak hanya di Indonesia. Sebelum pandemi lapangan pekerjaan sudah sulit. Ketika pandemi berlangsung lapangan pekerjaan semakin sulit. Jobseekeers saling bersaing dalam mencari pekerjaan. Menangapi krisis tersebut Jum'at (9/10) AIESEC UPN "Veteran" Yogyakarta mengadakan webinar yang bertajuk Intern Corner " Shape Your Future by Internship Abroad: Change to be Hired During Pandemic".

Kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan diikuti oleh 400-an peserta. Webinar ini mengundang tiga narasumber. Ketiga narasumber tersebut adalah: Dio R. Anamia selaku Regional HR Manager Indonesia & Malaysia ZEN Rooms, Marhaeni Egawaty W. selaku Associate Project Manager at Byznis, dan terakhir, Lucia Yuriko, alumni AIESEC UPN "Veteran" Yogyakarta yang juga mengikuti program magang.

Poster acara Internship Corner AIESEC. (Sumber: AIESEC)

Dio R. Anamia mengatakan bahwa pada tahun 2019 lapangan pekerjaan banyak, namun orang masih kesulitan mencari pekerjaan. Hal ini disebabkan oleh human capital di Indonesia kurang bagus. Kedepannya, pekerjaan akan semakin sedikit karena perkembangan teknologi sehingga manusia tidak terlalu dibutuhkan kecuali manusia mengenal carrier plan, attitude, motivasi, skills, dan global mindset. "Sekarang kerjaan yang di-apply orang-orang, itu bukan lagi yang fresh graduate apply, terus yang diterima fresh graduate karena banyak banget orang yang berpengalaman apply ke fresh graduate," ungkapnya.

Pengalaman sangat penting, karena banyak perusahaan sekarang tidak melihat dari latar belakang melainkan pengalaman. Seperti volunteer, magang, proyek dan wajib ditulis apa peran dalam kegiatan yang diikuti.  "Setelah mengikuti acara ini diharapkan peserta mendapat perspektif agar bisa bersaing," tambah Dio.

Intern Corner bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pemuda tentang current workfield condition terutama di masa pandemi saat ini. Selain itu, Intern Corner juga bertujuan memberikan pemahaman kepada pemuda terkait pentingnya internship abroad beserta mafaatnya untuk masa depan mereka melalui sesi-sesi yang disampaikan oleh orang yang berpengalaman di bidangnya. Selain itu juga memperkenalkan AIESEC sebagai leadership platform for youth to develop themselves. (Kuni Qurota Aini)


Editor: Muhammad Hasan Syaifurrizal Al-Anshori

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.