Header Ads

Sempat Alami Kendala, PKKBN Fisip 2020 Berjalan Lancar dan Penuh Antusias



Bumper PKKBN UPNVY (Foto: Akun Youtube FISIP UPN Veteran Yogyakarta)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) secara online. PKKBN FISIP 2020 yang tahun ini dilaksanakan pada 22 September hadir menjadi wadah untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi para mahasiswa dalam mewujudkan kecintaannya terhadap NKRI. Hal ini sangat erat dengan cikal bakal kampus UPN “Veteran” Yogyakarta yang merupakan Kampus Bela Negara.

Diikuti 635 peserta dari 4 jurusan Strata 1 (S1), kegiatan PKKBN FISIP 2020 ini mengusung tema ‘The Surreal World of Indonesia’. “Konsep tema pada tahun ini erat kaitannya dengan cerita rakyat, mahasiswa baru wajib membuat storytelling tentang cerita rakyat sebagai tugas PKKBN FISIP,” ujar Ketua Panitia PKKBN FISIP 2020, Akhsanul A'mal Ar-rofi.

Penugasan ini tidak hanya sekadar tugas yang diberikan kepada mahasiswa baru, tetapi panitia tahun ini telah menyiapkan reward beserta hadiah. Hadiah tersebut akan diberikan kepada beberapa mahasiswa baru yang terpilih menurut hasil penilaian. Hal yang dinilai yakni kreativitas dan kemenarikan konten video yang sudah dibuat dalam rangka menyelesaikan tugas yang akan diumumkan setelah PKKBN fakultas telah selesai melalui laman Instagram PKKBN FISIP 2020. “Surprise untuk maba nanti. Kami hanya memberikan pesan bagi setiap maba untuk mengerjakan sebaik mungkin dan tidak menginfokan bahwa akan ada hadiah,” ujar Akhsan.

Sesi Mahasiswa Kreatif dan Berprestasi (Foto: Akun Youtube FISIP UPN Veteran Yogyakarta ) 

PKKBN FISIP kali ini menggunakan Streaming Live Youtube sebagai sarana media pelaksanaan acara. “Seharusnya hari ini (22/09) menggunakan aplikasi PKKBN dari kampus, tapi karena ada kendala jadi kami alihkan ke Youtube,” jelas mahasiswa angkatan 2018 tersebut. Hal ini juga dirasakan oleh Evi Nada atau akrab dipanggil Nada yang mengaku sempat mengalami kendala saat mengakses aplikasi PKKBN dari kampus. “Tadi sempat ada kendala. Seharusnya kalau pakai aplikasi cukup sekali absen, tapi karena trouble jadi harus dua kali absen,” ujar mahasiswa baru Ilmu Komunikasi tersebut. Masalah media, aplikasi, maupun jaringan memang kerap kali menjadi kendala pada saat acara yang berbasis daring. Untungnya, panitia PKKBN FISIP 2020 bisa cepat menanggapi permasalahan tersebut.

“Antusias mahasiswa baru tahun ini cukup tinggi, dilihat dari pra PKKBN FISIP kemarin banyak sekali yang antusias membuat twibbon padahal tidak diwajibkan,” tutur Akhsan yang juga menjadi admin Instagram acara PKKBN FISIP. Hal ini juga dilihat dari jumlah penonton di siaran langsung pada Youtube PKKBN FISIP 2020 yang berjumlah sekitar 600 penonton. Antusias ini juga dirasakan oleh Nada, ia mengaku sangat bersemangat menjalankan kegiatan PKKBN 2020. “Keseruannya itu sampai ke hati banget. Pengen banget bisa cepat kuliah, ditambah ada Campus Tour bikin semangat baru buat kuliah,” ungkap Nada.  (Arnelia Anindya Nariswari)

Editor: Ayu Fitmanda Wandira

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.