Header Ads

Lahir di Tahun Kabisat


Tanggal 29 Februari yang hanya muncul pada tahun-tahun kabisat. (Foto: Fachri Ernanda Ramadhan)
Tahun 2020 hampir mengakhiri bulan keduanya. Tahun ini merupakan tahun kabisat, yaitu tahun yang mengalami penambahan satu hari dengan tujuan untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi. Pada kalender Gregorius—kalender yang paling banyak digunakan di dunia saat ini—setiap tahun kabisat memiliki 366 hari, bukan 365, dengan menambahkan 1 hari. Hari tambahan ini berlaku pada tahun kelipatan 4 (habis dibagi 4). Namun untuk tahun-tahun yang habis dibagi 100 (contohnya tahun 1900) bukanlah tahun kabisat kecuali tahun itu habis dibagi 400 (contohnya tahun 2000). Satu hari tambahan itu jatuh setiap tanggal 29 Februari.

Tidak semua orang dapat memiliki pengalaman yang dimiliki oleh orang yang lahir di hari ini. Salah satu mahasiswa yang lahir di tanggal unik ini adalah Salma Annisa Rahmah. Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2018 ini lahir pada tanggal 29 Februari 2000. Pada tahun ini, Ia genap berusia 20 tahun. Namun secara penanggalan, Ia baru berusia 5 tahun jika dihitung dari tahun kabisatnya saja. Lahir di tanggal tersebut memberikan beberapa pengalaman unik baginya.

Walaupun tanggal kelahirannya hanya muncul 4 tahun sekali, namun Ia mengungkapkan bahwa setiap tahun teman-temannya tetap mengucapkan selamat kepadanya. Perihal perayaan sweet seventeen atau tradisi perayaan ulang tahun ke-17, Ia mengaku tetap mendapatkan hadiah dari teman-temannya. Meskipun secara tanggal kalender resmi, Ia tidak berulang tahun karena tahun 2017 bukanlah tahun kabisat. “Ada yang surprise-in tanggal 28 atau pas tanggal 1 Maretnya. Jadi, tiap tahun teman-temanku tetap surprise-in sih, walaupun nggak ada tanggalnya,” terangnya.

Karena tanggal lahirnya datang 4 tahun sekali, tak jarang hal itu sering dijadikan bahan bercandaan sesama temannya.

“Sering banget dibilang anak TK karena masih umur 4 tahun, hehe,” selorohnya. (Fachri Ernanda Ramadhan)



Editor Muhammad Hasan Syaifurrizal Al-Anshori

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.