Header Ads

Veteran Festival, Langkah Kecil Mengurangi Sampah Plastik




Suasana Panggung Veteran Vestifal sebagai puncak rangkaian acara Vestival Integerated  Parade (VIP). (Foto: Annisa Rindi)



Melalui acara Veteran Festifal (VEFE), BEM KM UPN “Veteran” Yogyakarta mengajak seluruh sivitas akademika untuk mengurangi sampah plastik. Acara yang berlangsung di Gedung W.R. Supratman atau auditorium UPN ini turut mengundang kelompok musik Jikustik sebagai penghibur. Pihak panitia tidak mengenakan uang untuk biaya tiket masuk. Sebagai gantinya, para mahasiswa hanya perlu membawa botol minum (tumblr) sebagai wadah air yang dapat diisi ulang di water station yang telah disediakan.

“Penggunaan tiket masuk dengan tumblr  dan mengangkat tema bohemian beach memiliki esensi  menjaga lingkungan dan mengajak  orang-orang peduli dengan lingkungan mereka,” ungkap Hasna selaku Humas.

Setelah sebelumnya melaksanakan Veteran Sport Week (VWP) dan Veteran Research Development (VERDE), Veteran Festival menjadi puncak acara dari pelaksanaan Veteran Integrated Parade (VIP).  Mahasiswa diedukasi untuk selalu menjaga lingkungan dengan baik melalui larangan  membawa plastik saat masuk ke venue. Selain itu, pihak BEM KM juga menyediakan botol minum gratis untuk para pegunjung sebagai aksi #1000 Tumblr. Sebelum menampilkan Jikustik, VEFE juga turut dimeriahkan oleh beberapa kelompok musik dari kalangan mahasiswa dan UKM Seni UPNVYK.

Setelah disuguhkan dengan penampilan musik dari band mahasiswa, acara ini juga mengumumkan pemenang dalam rangkaian acara VWP dan VERDE. Setelahnya, dilanjutkan dengan penampilan dari  band Jikustik. Di tengah penampilan Jikustik,  Mohamad Irhas Efendi selaku rektor UPN “Veteran” Yogyakarta meniupkan lilin diikuti nyanyian  ulang tahun untuk merayakan hari jadi ke-61 UPNVYK.

Salah satu pengunjung, Andra Arianti mengatakan “Baru pertama kali ikut event kampus dan bintang tamunya juga bagus apalagi masuknya gratis, seneng pokoknya. Semoga tahun depan ada acara seperti ini lagi.” Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri ini juga menyampaikan apresiasinya terhadap kampanye tanpa plastik pada acara ini, “Iya, menurutku bagus karena ini menunjukan rasa peduli kita pada lingkungan,” tambahnya. (Annisa Rindi)

Editor: Rieka Yusuf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.