Header Ads

Mengenal Lebih Jauh Komandan Baru Himakom

Beberapa informasi mengenai Ricky Arista Kurniawan, Kahim Ilmu Komunikasi 2019/2020. (Infografis: Laras Dika Youlanda)

Selasa (26/11) lalu, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta telah melakukan pemungutan suara untuk memilih ketua himpunan. Calon nomor urut 01, Ricky Arista terpilih sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa prodi Ilkom dengan jumlah suara 139. Jumlah tersebut hanya selisih 5 dari pesaingnya, Vincentius Agus yang mendapatkan 134 suara.

Ricky pun tidak menyangka kalau dirinya bakal terpilih menjadi ketua himpunan. Hal ini dikarenakan pesimistis sempat muncul dari tim suksesnya. Menurut Kevin Orkananda, selaku ketua Tim Sukses, merasa tim lawan lebih diunggulkan oleh warga komunikasi, “Ya, semenjak massa kampanye hingga orasi aku melihat calon nomor urut 02 lebih banyak massa yang mendukung dan juga cukup berpengaruh di Ilkom,” jelasnya.

Mulanya, Ricky belum ada keinginan untuk mencalonkan diri menjadi Ketua Himakom. Pria kelahiran Yogyakarta ini menceritakan bahwa hingga H-2 pendaftaran Kahim ditutup, dirinya masih belum ada niatan untuk mencalonkan diri. Namun, ia kemudian mantap untuk mencalonkan diri setelah mendapatkan masukan dan dukungan dari teman terdekat, hingga rekan di berbagai KSM.

Dari Malas Hingga Giat Berorganisasi

Alumni SMAN 7 Yogyakarta ini mengaku bahwa dirinya baru aktif organisasi ketika sudah mulai berkuliah. “Kalo berorganisasi sih baru kuliah ini, dulu tuh belum pernah ikut organisasi karena ya males aja gitu. Tapi, karena kita kuliah yang mana jadi jenjang terakhir kenapa ga di coba, dan aku milihnya himpunan,ujarnya. Ketika masa SMP dan SMA, mahasiswa yang pernah menjabat menjadi Ketua Reaksi 2019 ini hanya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler kesukaannya saja, yaitu sepak bola dan voli. Ketika sudah berkuliah, pikirannya pun berubah, dia mulai mencoba untuk ikut berorganisasi.

Organisasi pertamanya adalah Himakom, dan jabatan pertama yang ia pegang adalah sekretaris Bidang Advokasi Himakom. Selama kurang lebih 2 tahun di Himakom, ia juga menjabat di beberapa posisi penting pada acara besar. Seperti menjadi Korlap LDK 2018, ketua PPIKOM 2018, dan terakhir sebelum menjadi Kahim, ia merupakan ketua Reaksi 2019, sebuah ajang kompetisi jurusan Ilmu Komunikasi di DIY dan Jawa Tengah.

Ketua Tim Sukses dari Ricky, Kevin Orkananda menyebutkan bahwa Ricky adalah orang yang low profile, mau berbenah, progresif, juga profesional. Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa Ricky orang yang tahu tentang seluk beluk Himakom, karena sudah lebih dari 2 tahun di Himakom. Atas dasar itu juga, Kevin mau mengajukan diri sebagai timses.


Konten Kampanye yang Unik

Selebaran kampanye Cakahim nomor urut 1 (Foto: dokumentasi pribadi Timses 01)

Hampir seperti calon kahim pada umumnya berkampanye menggunakan poster atau pamflet yang ditempel diberbagai tempat strategis di kampus. Namun ada hal menarik dari kampanye Ricky, yaitu kontennya yang bisa dibilang nyeleneh dan tidak biasa. Bagaimana tidak, konten poster yang biasanya didesain sebagus dan elegan, diubahnya menjadi desain kabar lelayu atau orang baru meninggal. Begitu pula dengan isi poster yang cukup menghibur dengan pemilihan kata yang unik, karena hampir mirip dengan yang di gunakan pada sebaran lelayu pada umunya. Semua konten yang ditampilkan merupakan ide dari dia sendiri. “Kalo inspirasi sih banyak ya, dari Twitter, Instagram. Kita juga kan sekarang modelnya ATM, Amati, Tiru dan Modifikasi. Sebagai anak komunikasi aku merasa tertantang untuk buat kampanye yang beda dari yang lain, sampai akhirnya dosen juga ada yang menanggapi kampanyeku," jelasnya.


Susunan Kabinet Kerja

Ricky ternyata sudah mempersiapkan jajaran yang akan membantunya di Himakom selama satu periode kedepan sebelum dirinya mencalonkan diri. “Kalo jajaran sudah (disiapkan), sebelum maju mencalonkan diri pun aku udah nyiapin jajaran dan nama kabinet kita,” jelasnya. Kamis, 19 Desember kemarin Ricky dan jajarannya resmi menjabat sebagai Pengurus Himakom periode 2019/2020. Adapun nama-nama tersebut antara lain:
Sekjen : Agung Baskara
Sekretaris : Jihan Hanindita
Bendahara : Hindun Nur Annisa
Divisi Minat Bakat : Agus Heri Pamungkas
Divisi Advokasi : Tari Hutami
Divisi Penelitian dan Pengembangan : Muhammad Daifullah
Divisi Kominfo : Rahmaningrum Niananda
Divisi Kewirausahaan : Nabila Alvina Said
Divisi Eksternal Internal : Ariesca Paskatia


Nama Kabinet Kerja

Ada hal unik lain ketika pria berusia 21 tahun tersebut menentukan nama kabinet kerja yang ia pimpin. Ricky mengaku melakukan riset nama kabinet tersebut beberapa hari sebelum dirinya resmi dikukuhkan menjadi ketua Himakom periode 2019/2020. "Ketika lagi iseng scroll Instagram aku melihat salah satu trailer film yang lumayan bagus. Ketika beberapa tokoh mengenakan nama mereka, aku mendapat sebuah ide nama kabinet. Jadi bisa dibilang ide nama kabinetku terinspirasi dari nama tokoh film," ucap mahasiswa konsentrasi jurnalistik tersebut. Meskipun begitu, ia tidak melupakan esensi dan makna dari nama kabinet kerjanya tersebut. Ketika ditanyai mengenai nama kabinet yang dimaksud, ia meminta untuk menunggu pengumuman langsung dari media sosial Himakom dalam waktu dekat.

Rikcy menjelaskan bahwa fokus utamanya di Himakom masih sama seperti periode sebelumnya, yaitu menghimpun suara mahasiswa untuk melakukan advokasi dan memfasilitasi masukan dari mahasiswa berbagai Angkatan. Dia juga menambahkan akan melakukan komunikasi dengan jurusan lain agar tercipta relasi yang baik antar jurusan. Kevin Orkananda sebagai ketua Tim Suksesnya berharap agar Ricky menjadi lebih baik dari periode sebelum sebelumnya, lebih mendengar suara mahasiswa dari berbagai organisasi dan angkatan yang ada di ilmu komunikasi.

Ricky beserta jajarannya pun sudah melakukan serah terima jabatan dari pengurus Himakom periode 2018/2019  pada Rabu (19/12). Dalam prosesi tersebut juga dihadiri oleh pengurus Himakom periode sebelumnya, panitia Panitia Pemilihan Independen Komunikasi (PPIKOM), serta perwakilan dari tiap KSM yang ada di Jurusan Ilmu Komunikasi. Acara tersebut dilakukan secara simbolik dengan penyerahan Lembar Pertanggungjawaban (LPJ) dan prosesi mandi kembang untuk pengurus Himakom yang baru. (Diva Arifin)

Editor: Rieka Yusuf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.