Header Ads

Dimensi, Menyatukan Rasa Melawan Rasisme

Acara Dimensi di UPNVYK (Foto: Kuni)


Sleman, SIKAP -
Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) UPN 'Veteran' Yogyakarta menyelenggarakan diskusi media dan literasi (Dimensi). Mengangkat tema melawan rasisme. Bertempat di lapangan parkir Agus Salim Kampus II UPN 'Veteran' Yogyakarta pada Kamis (5/9).

Diskusi ini merupakan salah satu program kerja himpunan yang diadakan setiap terjadi isu-isu terbaru, baik tingkat regional maupun nasional.  Acara ini dihadiri oleh tiga pembicara, yaitu Ketua Ikatan Keluarga Pemuda Mahasiswa DIY, Yahya dan dosen Ilmu Komunikasi UPNYK, Susilastuti serta Meike Lusye Karolus.

Menurut ketua pelaksana, Nur Luthfiah, acara ini bertujuan untuk melatih berpikir kritis tentang isu-isu yang sedang terjadi belakangan ini. "Dimensi itukan diskusi media dan literasi, kita bisa melihat informasi dari media dan non media, kita bisa belajar bisa nambah ilmu pengetahuan wawasan.”

Mieke Lusye Karolus mengungkapkan bahwa, kita harus belajar ngudo roso, belajar mengenal dan mencintai, inilah hubungan yang disebut memanusiakan manusia. Menurut Susilastuti, hal yang dapat kita lakukan secara nyata untuk mengatasi konflik ini adalah dengan mengidentifikasi teman-teman Papua bermasalah dengan siapa serta mengajak berdiskusi. Dengan berdiskusi prasangka negatif antarmanusia dapat dipudarkan.

"Menurutku sih acaranya bagus, soalnya membuat kita untuk open pemikiran tentang kasus-kasus yang ada di Indonesia. Terlebih, kita bisa mendapatkan perspektif baru," Ujar Salma, Mahasiswi Jurusan Hubungan Masyarakat 2018 saat ditanyai mengenai kesan acara Dimensi. (Kuni Qurota 'Aini)

Editor: Ganisha Puspitasari

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.