Header Ads

Talkshow, Pameran, dan Pesta di “Hari Bersama Fotkom”

Seorang pengunjung tengah menikmati hasil karya yang ditampilkan di pameran foto “Hari Bersama Fotkom”. (Sumber: Rizky Fabian)

Hari ulang tahun merupakan hari yang spesial dan ditunggu-tunggu. Tak terkecuali bagi Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Fotkom 401, yang baru saja merayakan hari jadi ke-18 pada 4 April 2019. Foto Komunikasi 401 merupakan KSM yang bergerak di bidang fotografi dan bertujuan untuk mewadahi minat fotografi dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta.

Serangkaian acara pun digelar untuk menyambut “Hari Bersama Fotkom”. Acara KSM yang tercatat paling tua di jurusan Ilmu Komunikasi tersebut dimulai dengan Creative Talk yang diadakan tanggal 23 Maret 2019, dengan menghadirkan Raditya “Bramsky” Bramantya. Fotografer fashion yang sudah malang melintang di Yogyakarta tersebut menjadi pembicara di Laboratorium Kajian Organisasi Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta. Selain Bramsky, Jogja Photo Project juga diundang untuk memberikan tips tentang fotografi komersial.

Setelah menghadirkan Raditya Bramantya dan Jogja Photo Project, Fotkom melanjutkan rangkaian acaranya dengan menggelar pameran yang diadakan tanggal 2-4 April 2019. Tema Heritage diambil sebagai simbolisasi dari hal-hal yang pernah ditinggalkan oleh para pendahulu, namun hampir punah di dalam masyarakat. Peningkatan kesadaran masyarakat akan budaya-budaya yang ditinggalkan merupakan tujuan utama dari tema pameran. Pameran dibuka oleh Kepala Laboratorium fotografi Dr.Christina Rochayanti, M.Si. 

Deretan karya dari para anggota organisasi angkatan 2015-2017 menghiasi dinding Museum dan Tanah Liat Yogyakarta. Berbeda dengan pameran-pameran sebelumnya yang menggunakan metode seleksi, pameran tahun ini menghadirkan Hendra Nurdiyansyah (ANTARA Foto) dan juga Reza Fitriyanto (Freelance beritagar.id) sebagai mentor. Mentor sekaligus alumni Fotkom tersebut  dihadirkan untuk berdiskusi, memberi kritik, serta saran kepada anggota yang mengikuti pameran. 

Tour with The Artists merupakan acara lanjutan dari kegiatan pameran yang diadakan pada hari pertama. Acara ini mengambil konsep sarasehan dengan mengenalkan serta menjelaskan makna dari foto-foto yang dipamerkan. Pengunjung dipersilahkan untuk bertanya sekaligus memberi masukan pada hasil jepretan.

Antusiasme para pengunjung terbilang tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah pengunjung yang tidak pernah menurun dari hari pertama penyelenggaraan. Para penikmat fotografi yang mengunjungi pameran pun tidak hanya datang dari UPN “Veteran” Yogyakarta. Beberapa komunitas fotografi di Yogyakarta pun turut menghadiri pameran. Bahkan, ada pengunjung yang datang dari luar Yogyakarta seperti Cirebon, Solo, dan Malang. KSM lain dari Ilmu Komunikasi UPN juga turut hadir sebagai bentuk solidaritas dan kekeluargaan sesama KSM.

Pesta yang diadakan pada hari ketiga pameran merupakan puncak acara sekaligus penutupan ulang tahun Fotkom 401. Dibuka sejak pukul 6 sore dan dimulai pukul 8 malam, pesta berlangsung meriah. Diisi oleh penampilan akustik dari para anggota dan musik dangdut. Para pengunjung pun memadati ruangan museum untuk mendengarkan dan bergoyang mengikuti alunan lagu yang didendangkan para penampil.
Para anggota menghibur audiens dalam pesta penutupan pameran fotkom 401 (4/3/2019) di Museum Dan Tanah Liat Yogyakarta. (Sumber: Rizky Fabian)
Pameran yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut berjalan lancar dan sukses. Tidak ada masalah ataupun kendala yang berarti selama proses berlangsungnya pameran. Hal itu terlihat dari banyaknya respon positif dari para pengunjung. Arya Farrel, mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2018 menganggap bahwa acara pameran sangat menarik dan sesuai dengan tema yang dipilih. 

“Untuk acara menurutku cukup baik. Dari penyajian dan tata letak foto, tema, dan juga rangkaian acara. Foto juga beberapa bagus, ada yang menggunakan teknik gelap, juga ada yang menggunakan kamera analog Fujifilm yang mana hasilnya bear-benar vintage dan menguatkan tema heritage-nya”, kata Farrel.

Harapan pun dilayangkan oleh pengunjung untuk pameran selanjutnya. 

“Pamerannya sudah sangat professional dan esensi dari tema yang dipilih juga sangat relevan dengan kondisi di lingkungan masyarakat. Namun, mungkin pemilihan tempat lebih di prioritaskan di dekat pusat kota agar aksesnya tidak terlalu jauh. Dan juga penyediaan alat untuk menyejukkan ruangan bisa ditambah namun overall rangkaian acara yang dilaksanakan sudah sangat bagus”, ujar Fadel Muhammad, salah satu pengunjung pameran.

Terkait dengan suksesnya rangakaian acara yang digelar, Krisna Catur, Ketua Pelaksana Pameran Fotkom 401 berharap agar kedepannya euforia para pengurus serta anggota baru dapat tergugah dengan diadakannya acara ini. 

“Semoga semangat dan euforia dari para anggota baik yang lama maupun yang baru, serta calon pengurus selanjutnya , lebih up lagi dengan diadakannya event sebagus serta sekompleks ini. Dan juga semoga Fotkom semakin eksis baik di Yogyakarta, maupun Indonesia”, lanjut mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2016 tersebut.

Berlangsungnya pameran ini juga merupakan tanda bahwa masa kepengurusan Fotkom akan berganti. Tonggak kepemimpinan pun akan dilanjutkan oleh angkatan 2017. 

“Yang penting Fotkom tetap ada, memiliki karya-karya yang variatif, dan juga mengadakan kegiatan selain pameran. Bisa workshop fotografi ataupun merilis buku tentang fotografi”, ujar Ketua Umum Fotkom, Iqbal Mahardika. 

Iqbal juga menaruh harapan besar terhadap para calon penerus untuk menjaga solidaritas sesama anggota, serta eksistensi Foto Komunikasi 401. (Rizky Fabian)


Editor: Marcelina Mia Amelia

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.