Header Ads

5 Cara Tetap Fokus Kuliah Daring

 

Perkuliahan yang diikuti secara daring. (Sumber: Pinterest) 

Masa pandemi sudah bukan lagi hal asing yang harus dihadapi oleh semua masyarakat tanpa terkecuali di bangku perkuliahan. Bahkan di beberapa daerah sekolah-sekolah sudah kembali beroperasi meskipun belum maksimal.Pada praktiknya, kegiatan belajar mengajar masih diutamakan secara daring, termasuk perguruan tinggi. Hampir seluruh kegiatan perkuliahan dilakukan via zoom/google meet, akibatnya masih ada beberapa mahasiswa yang kesulitan hingga saat ini, baik teknis seperti jaringan, dan perangkat keras hingga kesulitan untuk fokus saat belajar. Lalu, kira-kira apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasinya? Berikut beberapa langkah untuk tetap menjaga fokus dan produktifitas selama peruliahan daring. 

1. Buang Persepsi bahwa kuliah dari rumah = Libur

Berada di rumah sepanjang hari terkadang membuat kita menjadi lebih santai dan kurang greget untuk berkegiatan. Suasana yang ada di rumah membuat kita berpikir kita sedang liburan padahal sebenarnya tidak. Untuk tetap fokus, kita perlu menanamkan terlebih dahulu pemikiran bahwa kuliah dari rumah tidak sama dengan liburan, kita akan tetap melakukan kegiatan-kegiatan yang padat. Untuk memicu semangat, bisa diawali dengan mandi di pagi hari dan mengenakan pakaian yang rapi, seolah-olah kita akan berangkat ke kampus. 

2. Membuat jadwal dan reminder

Salah satu kunci fokus dan produktif adalah disiplin. Memang membiasakan diri untuk mejadi disiplin terkadang masih sulit untuk beberapa orang, tetapi hal ini bisa dimula dengan menetapkan jadwal untuk kegiatan sehari-hari. Jadwal ini juga bisa membantu kita untuk menentukan reminder dan skala prioritas tentang apa yang harus kita kerjakan lebih dahulu. 

3. Pertahankan pola hidup sehat

Poin ini mungkin sering di kesampingkan dan dilewatkan oleh teman-teman mahasiswa. Namun perlu diketahui bahwa menjaga pola hidup sehat nyatanya mampu membawa pengaruh besar terhadap kondisi kesehatan kita, baik fisik maupun mental. Dengan hidup sehat selain kondisi tubuh yang fit juga akan berpengaruh terhadap kestabilan emosi. Pola hidup sehat ini bisa dimulai dengan hal-hal sederhana seperti makan tepat waktu, istirahat yang cukup dan melakukan olahraga ringan secara rutin. 

4. Optimalkan waktu kuliah

Stigma kuliah daring yang santai dan fleksibel kadang disalah artikan oleh mahasiswa untuk bisa melakukan multitasking. Sebenarnya sah-sah saja melakukan multitasking apabila memang benar-benar bisa, tetapi multitasking pada saat kuliah juga menyabakan kurang optimalnya penyerapan materi saat kuliah berlangsung dan memecah fokus. 

5. Sempatkan refreshing

Setelah menjalani satu pekan yang melelahkan, ada baiknya untuk meluangkan waktu sejenak, beristirahat dan menghindari kesibukan sehari-hari yang membosankan. Menyempatkan diri untuk me-refresh-kan pikiran juga merupakan bentuk investasi jangka panjang bagi kesehatan mental. Apabila kita berhasil untuk memelihara kesehatan mental, maka kita aan terhindar dari stress dan overwhelmed akibat kegiatan perkuliahan. Setelah itupun kita dapat kembali dengan hati yang ringan dan fokus saat harus kembali kuliah secara daring.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu kita lebih fokus saat kuliah daring. Pada dasarnya kita juga perlu menyadari bahwa waktu merupakan hal yang paling berharga, sehingga optimalkan masa kuliah kita sebaik-baiknya. Beberapa tips atas juga bisa kamu tambah dengan tips mu sendiri. (Syiva PBA)

Editor: Shinta Tri Pangestu 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.