Header Ads

Memahami Hubungan Pria dan Wanita Melalui Buku Men Are from Mars, Women Are from Venus

Tiga buku John Gray cetakan ke-33 yang berwarna cerah. (Sumber: Dias Nurul Fajriani)
Genre : Self ImprovementJudul : Men Are from Mars, Women Are from Venus
Penulis : John Gray, Ph.D.
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : T. Hermaya
Editor : Tanti Lesmana
Desain Sampul : Orkha Creative
Cetakan ke-33 : Februari 2020
ISBN : 978-602-03-7521-2

Sering kali pria dan wanita memiliki banyak perbedaan yang dapat menimbulkan masalah atau konflik ketika mereka menjalani sebuah hubungan. Dalam berkomunikasi pun pria dan wanita sangat berbeda. Wanita cenderung ekspresif, sedangkan pria lebih seperti apa adanya. Dr. John Gray, penulis Men Are from Mars, Womens Are from Venus mengilustrasikan perbedaan-perbedaan tersebut dengan sebuah cerita yang mengibaratkan wanita adalah orang Venus dan pria sebagai orang Mars.

Dahulu kala, orang Mars bertemu dengan orang Venus, kemudian mereka jatuh cinta dan menjalin hubungan. Namun, ketika sampai di Bumi, tiba-tiba mereka menderita amnesia. Hubungan yang awalnya saling membahagiakan, menerima, menghormati satu sama lain pun berubah menjadi pertengkaran-pertengkaran yang tidak dapat dihindarkan. Semua itu dikarenakan keduanya lupa bahwa mereka berasal dari planet yang berbeda.

Men Are from Mars, Women Are from Venus adalah buku petunjuk klasik untuk memahami hubungan pria dan wanita yang ditulis oleh Dr. John Gray. Buku tersebut ditulis berdasarkan keberhasilannya memberi bimbingan selama bertahun-tahun kepada pasangan suami istri maupun individu. Tidak heran jika jumlah peminat buku ini cukup tinggi, bahkan sampai mampu menembus puluhan kali cetak. Cetakan pertama buku Men Are from Mars, Women Are from Venus terbit pada tahun 1995 yang hingga kini (16/4) sudah masuk cetakan ke-33.

Buku ini sangat membantu para pasangan atau individu untuk dapat menciptakan hubungan yang baik dengan orang lain. Mulai dari cara berkomunikasi, memahami pasangan, menghadapi masalah, hingga mencegah pertengkaran. Hal-hal yang seharusnya dipahami setiap individu sebelum menjalin sebuah hubungan, dikulik dan dibahas lebih lanjut oleh sang penulis.

“Men Are from Mars, Women Are from Venus merupakan pegangan bagi hubungan cinta. Buku ini mengungkapkan betapa berbedanya kaum pria dan wanita dalam segala bidang kehidupan mereka. Bukan saja dalam cara berkomunikasi, melainkan juga dalam cara berpikir, merasa, memahami, bereaksi, menanggapi, mencintai, membutuhkan, dan memberi penghargaan”, jelas sang penulis dalam isi pendahuluan bukunya.

Di zaman yang sudah modern ini, buku Men Are from Mars, Women Are from Venus masih sangat relate dengan kehidupan percintaan remaja. Mungkin ada beberapa wanita yang masih kesal pasangannya cenderung “masuk gua” ketika dihadapkan dengan masalah, sedangkan wanita sangat vokal dan banyak bicara. Bisa juga sang pria yang merasa dipaksa berubah ketika wanitanya berusaha menolong untuk tumbuh. Mungkin pula wanita yang tidak merasa didengarkan ketika sedang bercerita, padahal sang pria duduk dihadapannya dan mendengarkan setiap detail ceritanya. Hal-hal tersebut bisa saja terjadi ketika pria dan wanita kurang memahami satu sama lain. Oleh karena itu, buku ini bisa dijadikan sumber pengetahuan untuk mengantisipasi kejadian buruk dalam menjalin sebuah hubungan.

Namun sayangnya, penggunaan kalimat yang berat dan penjelasan berbelit membuat pembacanya harus menguras otak untuk dapat memahami konsep yang tertuang dalam buku ini. Selain itu, isinya pun lebih banyak konsep dibandingkan dengan penerapannya. Meskipun begitu, John Gray juga menulis buku lain yang dapat menyokong konsep dalam buku ini, yaitu “Beyond Mars & Venus” dan “Trully Mars & Venus”. Ketiga buku ini memiliki sampul dengan warna yang cerah dalam cetakan ke-33 sehingga dapat menarik perhatian banyak orang. (Dias Nurul Fajriani)

 

Editor: Wafa’ Sholihatun Nisa’ 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.