Header Ads

FOTKOM Creative Talk, Talkshow Interaktif Mengenai Tren Fotografi

 

 (sumber: ig.fotkom401)

Minggu, (28/3) , Kelompok Studi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta, Fotkom (Fotografi Komunikasi) mengadakan sebuah Creative Talk yang bertema POTRET (Photography Remain as a Trend). Acara tersebut merupakan rangkaian acara ulang tahun FOTKOM yang dilakukan secara online. Pembicara Creative Talk tersebut diisi oleh para content creator dalam bidang fotografi, mulai dari Fajrul Islam (content creator Tik tok), Jiang Viviennie (beauty expert photographer) dan Irfan Hartanto (comercial & fashion photographer).

“Tujuannya sih untuk sharing ilmu di bidang fotografi bagi teman-teman yang memiliki minat di bidang tersebut. Selain itu juga buat memperlihatkan eksistensi Fotkom yang tetap aktif di masa pandemi,“ ungkap Alpha selaku ketua panitia Creative Talk. Acara yang dilaksanakan secara online tersebut menampung sekitar 200 peserta dari seluruh indonesia. 

Talkshow ini dibuka untuk umum, jadi tidak cuma mahasiswa atau hanya dari wilayah Jogja saja, tetapi ada juga peserta dari kediri bahkan Timor Leste.  Pelaksanaan talkshow secara online tidak membuat surut para peserta untuk berpartisipasi pada saat acara dimulai. Terbukti, sesi tanya jawab berjalan dengan interaktif. Hal ini tak lepas dari panitia yang mempersiapkan hal teknis serta belajar dari talkshow offline tahun-tahun sebelumnya.

“Acara berlangsung interaktif walaupun dilaksanakan secara online. Bahkan, kami kekurangan waktu karena banyaknya peserta yang ingin bertanya pada narasumber. Dari panitia sendiri merasa acara berjalan sesuai harapan. Kalau harapannya, bisa ngasih pengetahuan ke temen-temen yang mau tahu fotografi, dan ngasih dampak positif ke temen-temen komunitas fotografi lain agar membuat kegiatan semacam ini. Masa pandemi ini banyak yang bikin seminar tuh. Nah kita bikin nih yang beda dalam bentuk talk show jadi biar lebih, tidak hanya seminar biasa,” jawab Alpha ketika ditanya harapannya mengenai acara Creative Talk

Keseruan acara Creative Talk juga diikuti seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta, yaitu Adist. Adist awalnya tidak tertarik pada bidang fotografi. Namun akhirnya ia ikut dengan alasan narasumber yang dihadirkan di acara tersebut menarik perhatiannya. “Kalau minatku ke fotografi ya sekedar orang awam aja, alasanku ikut acara ini karena tertarik narasumbernya ada Fajrul Islam dia kan content creator tiktok ya jadi ikut akhirnya,” tutur Adist.

 “Buat orang awam kayak aku, acara ini cukup menarik karena narasumbernya cukup familiar dan aku cukup menikmati penjelasannya. Para peserta juga merasa mendapat ilmu baru mengenai fotografi dan cara mengkomersilkan karya fotografi. Kalau buat aku sih dapat manfaat banget dari acara itu, kayak dapet referensi misalnya. Soalnya, aku belum tau masalah fotografi, terus dengar cerita kakaknya kalau foto bisa dijual. Sama halnya dengan fotografi fashion dan pengalaman-pengalaman mereka jadi ilmu buat aku. Lalu harapan dari aku, semoga acara-acara seperti ini sering ada ya tentunya,” tukas Adist di akhir wawancara.

Penulis: Rizky Al Afizd

Editor: Risky Redemptus

 

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.