Header Ads

Mr. Queen: Drama Kolosal dengan Konflik Kerajaan yang Penuh Gurauan

 

Poster Serial Drama Mr.Queen yang mulai tayang pada 12 Desember 2020 dengan pemeran utama Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun (Sumber: IMDb) 

'Takjub' satu kata yang keluar dari benak penulis usai menonton drama Mr. Queen yang terakhir tayang pada Minggu (14/02). Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa dengan latar belakang sebuah kerajaan yang penuh permasalahan, cerita dalam drama ini mampu dibawakan dengan amat menarik yang diselingi komedi menyegarkan. Penonton dapat menikmati alur cerita dalam drama ini tanpa terpisah adanya kubu/tim rusuh yang mendukung salah satu pemeran. Baik pemeran antagonis pun dapat mengundang gelak tawa penonton dengan ciri khasnya masing-masing.

Sejak episode pertama tayang, drama ini sudah cukup menarik. Meskipun drama kolosal, namun kesan fantasi tetap ada dalam drama ini. Berawal dari seorang koki terkenal bernama Jang Bong-hwan yang seketika terjebak di dalam tubuh calon ratu pada zaman Dinasti Joseon bernama Kim So-yong. Bong-hwan yang sejatinya merupakan seorang lelaki dengan jiwa yang bebas ini terpaksa memikirkan cara agar ia dapat kembali ke tubuhnya. 

Namun perjalanan Bong-hwan untuk kembali ke tubuhnya ternyata tidak semudah yang ia bayangkan. Sebagai orang yang paham mengenai sejarah, Bong-hwan yang saat itu menjadi So-yong menyadari betapa banyaknya konflik yang terjadi di Istana Kerajaan. So-yong yang semakin lama semakin mengenal Raja Cheol-jong tersebut akhirnya berambisi untuk membantu sang raja dalam menumpas sisi jahatnya kerajaan dan menegakkan keadilan. Meskipun konflik-konflik yang diangkat dalam cerita ini dirasa cukup berat, namun penonton dibuat tidak bosan dengan candaan yang terkesan tidak terduga dalam adegan-adegan pada drama satu ini. 

Ratu Cheo-rin alias So-yong yang dianggap bertingkah aneh di kerajaan, namun selalu berhasil membuat tawa penonton meledak (Sumber: grantshala.com)

Aktris Shin Hye-sun yang berperan sebagai So-yong mampu secara cantik memperagakan jiwa Bong-hwan yang penuh dengan komedi di dalam kerajaan. Salah satunya adalah ketika ia bersama dengan Ibu Suri Agung Sun-won (Bae Jong-ok) yang selalu saja berhasil menimbulkan kesan jenaka sehingga terkadang penonton lupa bahwa Ibu Suri Agung Sun-won sebenarnya ialah tokoh antagonis dalam drama ini. Selain itu unsur kosakata yang kekinian seperti jasa pengantaran makanan yang telah disesuaikan dengan era Dinasti Joseon juga berhasil menambah kesan segar di tiap episodenya.

Hal ini cukup membuktikan bahwa secara keseluruhan tim produksi dan pemeran dalam drama ini telah sukses menyuguhkan tayangan yang intens namun tetap segar dan membuat penonton tak melulu bosan bahkan tegang. Nilai tambah dari drama Mr. Queen ini juga terletak pada kemampuan sang penulis Choi Ah-il yang sangat konsisten mulai dari episode pertama bahkan hingga versi spinn-off alias lepasan dan di dukung original soundtrack  yang bagus.

Selain itu, tayangan drama Mr. Queen ini juga mengandung banyak nilai moral hidup yang tersirat di tiap adegannya. Salah satunya ada di episode terakhir drama ini, dimana Kim Jwa-geun, adik dari Ratu Sun-won akhirnya kalah di tangan Raja Cheol-jong. Meskipun dengan segala kejahatannya termasuk upaya pembunuhan kepada Ratu Cheo-rin (So-yong), Raja Cheol-jong tidak serta merta membunuh Jwa-geun, namun ia akan memastikan Jwa-geun tetap hidup sembari merasakan penderitaan rakyat kecil yang selama ini telah ditindasnya.  

Meskipun sangat menarik, saat rilis perdana drama ini, masyarakat Korea Selatan tak sedikit yang kontra pada Mr. Queen ini ke lembaga penyiaran, karena dianggap membelokkan cerita sejarah Dinasti Joseon. Tak hanya itu, kritik masyarakat juga diberikan, karena drama Mr. Queen ini dikabarkan merupakan hasil adaptasi lepas dari web drama asal China Go Princess Go yang sempat memberikan komentar negatif terhadap kebudayaan Korea Selatan. 

Meskipun menuai banyak kritik, namun drama yang tayang di stasiun televisi Korea Selatan tvN dan layanan streaming Viu ini mendapatkan peringkat penyiaran oleh AGB Nielsen yang konsisten naik mulai dari 8,030% pada episode pertama dan menembus angka 17,371% di episode terakhir. Hal ini membuat Mr. Queen menjadi salah satu drama tvN terlaris, bersanding dengan drama lainnya seperti Goblin, Crash Landing On You, dll. Drama ini cukup sukses di Indonesia setelah drama Start-up yang menghebohkan hampir seluruh warga Indonesia. 

Secara keseluruhan, drama Mr. Queen ini merupakan tayangan yang sangat asik, namun tetap mengutamakan cerita yang berbobot. Penonton dibuat merasakan emosi naik turun yang berbeda di tiap episodenya, sehingga yang dirasakan ialah kesan menonton yang tidak biasa dan tidak membosankan. Tayangan ini cocok menjadi pilihan ketika ingin melepas penat atau sekedar mengisi waktu luang. (Bimo Yogatama)

Editor: Shinta Tri Pangestu  

 







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.