Header Ads

Mengenal Lebih Dekat Alfandi Sandi, Kahim Ilmu Komunikasi Periode 2020/2021

Ketua Himakom periode 2020/2021 (Sumber: Alfandi Sandi)

Alfandi Sandi terpilih sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi (Himakom) pada pemilu cakahim 2020/2021 yang dilaksanakan Minggu (13/12). Ia berhasil terpilih dengan memperoleh 277 suara dari total 359 pemilih. Selisih jumlah perolehan suara antara Alfandi Sandi dengan rivalnya, Atisya Aninditha, terbilang cukup besar yaitu 196 suara.

Sandi mengatakan sudah memiliki niatan melangkah maju, jauh sebelum memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai calon Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi. “Saya merasa dalam berorganisasi harus memiliki peningkatan, misalnya dengan tujuan akhir sebagai ketua,” tuturnya. 

Dalam persiapan menjadi ketua Himakom, ia terlebih dahulu mendalami seluk-beluk latar belakang elemen yang ada di organisasi tersebut. Hal itu dilakukan agar dapat membawa Himakom ke arah yang lebih baik pada periode jabatannya. Persiapan lain juga dilakukan Sandi, salah satunya menyusun kabinet kerja yang sampai saat ini masih dirahasiakan.

Ketika disinggung mengenai optimisme ketika mencalonkan diri, pria kelahiran Riau ini menyerahkan pada kepercayaan warga Ilmu Komunikasi kepadanya. “Ketika saya dipercaya saya akan maju, karena tujuan utamanya bukan untuk berkuasa, tapi ingin memajukan Himakom,” jelasnya. Ia lebih fokus kepada persiapan dan mengesampingkan kemungkinan untuk menang atau kalah.

Terpilih sebagai Ketua Himakom di saat pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi Alfandi Sandi. Tantangan utamanya yaitu ia harus mencari cara agar seluruh elemen Himakom tetap aktif meskipun program yang ada harus dijalankan secara daring. Hal lain yang menjadi tantangan pada masa jabatan di kala pandemi adalah menjaga semangat kabinet kerja agar tetap maksimal dalam mengemban tugas.

Awal Mula Masuk Himakom

Mulanya, Sandi mengikuti organisasi lain sebelum masuk Himakom. Namun, ketika ada seorang teman yang mengajaknya untuk bergabung ke Himakom ia langsung tertarik. Selain mendapat pengetahuan baru, Sandi mengatakan ia juga merasa nyaman bersama anggota Himakom.  Berawal dari menjadi salah satu staf divisi litbang pada tahun pertama keorganisasian, kemudian pada tahun berikutnya menjadi ketua divisi advokasi, kini Alfandi Sandi berhasil menjadi Ketua Himakom yang baru periode 2020-2021.

Berorganisasi dan Mengikuti Kepanitiaan

Aktif dalam keorganisasian bukan merupakan hal baru bagi Alfandi Sandi. Pria yang memiliki hobi akustikan ini mulai berorganisasi sejak masih duduk di bangku sekolah. Ketika SMA, ia mengikuti berbagai organisasi seperti OSIS, Rohis, Forum Anak Kabupaten, dan Pecinta Lingkungan. Ketika menjabat sebagai ketua Rohis, Sandi berhasil membawa organisasi tersebut menjadi organisasi terfavorit di Sumatera Utara pada Islamic Fair tahun 2016-2017.

Selain memiliki banyak pengalaman dalam berorganisasi, Sandi pun aktif mengikuti kepanitiaan dalam kampus. Dari beberapa kepanitiaan yang diikuti, ia pernah menjadi ketua dalam kepanitiaan PPIKOM. Walaupun aktif dalam kegiatan di luar perkuliahan, tetapi Sandi tetap tidak lupa akan tugas utamanya sebagai mahasiswa. “Bagi waktunya agak susah, tapi sebisa mungkin kalau ada rapat saya selesaikan dahulu tugas kuliah yang ada,” ungkapnya.

Rencana Selanjutnya

Sesuai dengan visi dan misi yang disampaikannya ketika mencalonkan diri, Alfandi Sandi berharap akan timbul rasa kekeluargaan dalam internal dan eksternal organisasi. Sandi juga berharap supaya ada peningkatan kepercayaan warga komunikasi kepada seluruh elemen Himakom dan program kerja yang akan dijalankan. “Kalau teman-teman Ilmu Komunikasi sudah percaya, itu dapat menjadi indikasi bahwa kami sudah menjalankan tugas kami dengan baik,” pungkasnya.

Saat ini, Sandi masih menyiapkan beberapa nama untuk dijadikan rekan kerja yang membantunya mengemban amanah satu tahun ke depan. Banyaknya pertimbangan yang dipikirkan mengakibatkan hingga saat ini jajaran kabinet baru masih dirahasiakan sampai serah terima jabatan pada pertengahan Desember 2020. Salah satu pertimbangannya yaitu sandi ingin mendalami karakter calon rekan kerja yang akan membantunya kelak.

Terakhir, Sandi berharap ia dan kabinet kerjanya nanti dapat menjalankan tugas dengan profesionalitas, sejalan dengan tujuan Himakom. Kemudian ia pun berharap teman-teman prodi Ilmu Komunikasi bisa memberikan dukungan dengan memberikan kritik serta saran. Ke depannya, ia menginginkan koordinasi antara seluruh organisasi dalam prodi Ilmu Komunikasi dapat berjalan dengan baik. (Salma Annisa Rahmah)


Editor: Wafa' Sholihatun Nisa'

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.