Header Ads

Apakah Pria Pantas Menggunakan Skincare?

Pria yang melakukan perawatan wajah (Foto: IndieMarketFestBlog)


Penampilan merupakan hal penting bagi setiap individu, apalagi bagi mereka yang bekerja di perusahaan yang menuntut penampilan. Sejarah kosmetika membentang panjang mengikuti perkembangan kehidupan manusia itu sendiri. Di Rwanda, sekitar tiga puluh tanaman secara tradisional digunakan untuk mencerahkan kulit para gadis untuk upacara tertentu seperti pernikahan. Di negara Afrika, proses ini disebut antara lain "xessal" (Senegal), "Tcha-tcho" (Mali) yang secara harfiah berarti "membuat merah kulit seseorang".

Dikutip dari tirto.id (24/9/18) mengenai riset pasar Zap Beauty Index yang dirilis pertengahan Agustus tahun lalu, perempuan Indonesia mengeluarkan paling sedikit 20 persen dari total uang belanja bulanan untuk membeli produk fesyen dan kecantikan. Bahkan mereka yang berusia antara 18-23 tahun alias Generasi Z bisa merogoh kocek Rp200 ribu – Rp400 ribu per bulan atau sampai 40 persen uang bulanan. Sementara itu, berbeda dengan kaum perempuan, sangat jarang kita dengar bahwa pria juga melakukan perawatan diri. 

Banyak sekali timbul pertanyaan, apakah pria pantas menggunakan skincare? Seperti yang kita tahu bahwa esensi dari yang namanya skincare itu untuk perawatan kulit. Jika dikaitkan, laki-laki juga punya kulit, kan? Seperti dikutip dari kumparan.com (16/01/17) laki-laki justru memiliki kulit yang lebih tebal sekitar 15-20 persen dari kulit perempuan. Oleh karena itu, fakta tersebut menandakan bahwa laki-laki juga butuh merawat kulitnya.

Saat ini, banyak kita jumpai toko yang menjual berbagai macam produk skincare, termasuk hampir di setiap sudut kota. Perawatan memanglah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang, khususnya pria. Ada banyak ucapan yang kita dengar bahwa pria yang menggunakan skincare tidak jantan sehingga banyak yang mengurungkan niatnya untuk merawat diri. Lantas, apakah pernyataan tersebut benar?

Skincare merupakan suatu produk yang dikhususkan untuk merawat kulit, seperti face wash, toner, serum, moisturizer, sunscreen, dan masih banyak produk perawatan wajah lainnya. Kegiatan rutin untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit inilah yang disebut skincare routine. Setiap orang pasti ingin tampil sempurna di depan publik demi menjaga citra positif saat bekerja. Apalagi jika kita adalah seseorang yang sering berhubungan dengan publik, maka penampilan menjadi salah satu hal utama yang harus diperhatikan.

Misalnya, berbeda dengan pria yang bekerja di pertambangan yang tidak terlalu mementingkan penampilan, seorang pramugara tentunya harus memiliki penampilan yang menarik. Skincare routine memang bukan suatu hal yang harus dilakukan setiap individu, tetapi bisa menjadi salah satu usaha untuk bisa tampil maksimal. Ketika sudah menjaga penampilan, kita dapat memberi kesan yang baik dan tentu dapat tampil lebih percaya diri. Secara tidak langsung, ini membuat kita memiliki kredibilitas dan integritas yang tinggi.

Penggunaan skincare bukan hanya untuk orang yang memiliki wajah kusam, berjerawat, pori-pori besar, kerutan, dan penuaan dini. Namun, perawatan tersebut berlaku untuk semua jenis kulit. Lalu muncul lagi pertanyaan yang hampir sama dengan sebelumnya, apakah skincare hanya untuk wanita saja? Jawabannya tentu tidak. Semua orang bisa merawat dirinya.

Setiap dari kita pasti memiliki aktivitas di luar rumah yang membuat tubuh kita bersentuhan dengan sinar UV, debu, dan kotoran yang akan menempel di kulit. Jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan jerawat dan wajah kusam. Menggunakan produk skincare bukan berarti kita tidak bersyukur dengan kondisi kulit kita saat ini, tetapi justru sebaliknya. Ada banyak sekali cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah kerusakan pada kulit. Inilah mengapa setiap orang sebaiknya melakukan perawatan kulit dan wajah.

Intinya, kesehatan kulit dan wajah merupakan hal yang penting bagi wanita maupun pria. Menggunakan skincare memang bukan bertujuan untuk terlihat keren, ganteng, cantik, seksi dan menawan. Namun jangan lupakan satu hal, kesehatan kulitlah yang akan menciptakan penampilan yang maksimal itu.  (Sahat Cavinn Ephraim Siahaan)

Editor: Ayu Fitmanda Wandira

Tulisan merupakan kiriman dari kontributor. Bagi siapa saja yang mempunyai tulisan dan berminat untuk diposting pada laman Suara Sikap, bisa mengirimkan tulisannya ke email  suarasikap@gmail.com.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.