Header Ads

5 Kanal YouTube Informatif dan Edukatif


Di era sekarang ini, siapa yang tak kenal YouTube? Situs web berbagi video ini pada awalnya mulai aktif pada 14 Februari 2005 dengan konten pertama berjudul “Me at the Zoo”. Seiring berjalannya waktu, YouTube hadir dengan berbagai macam konten mulai dari gaya hidup, kecantikan, olahraga, pendidikan, desain, dan masih banyak lagi. YouTuber (pembuat konten YouTube) secara tidak langsung dapat mengubah kebiasaan masyarakat melalui konten yang dibagikan di kanalnya. Untuk itu, pastikan melihat channel YouTube yang menginspirasi dan mengedukasi. Sebaiknya hindari konten yang memicu pertentangan maupun mengandung unsur SARA. Berikut  ini adalah beberapa akun yang kontennya dapat mengedukasi masyarakat, antara lain:

1. Satu Persen - Indonesian Life School

Channel Satu Persen (Foto:YouTube)

Satu Persen adalah startup pendidikan di Indonesia yang mengajarkan tentang hal-hal yang belum diajarkan di sekolah konvensional. Konten yang ditayangkan erat kaitannya dengan diri dan hal yang terjadi sehari-hari. Memahami tipe kepribadian, prinsip hidup agar bahagia, cara mengubah rasa malu menjadi percaya diri, dan cara meningkatkan produktivitas merupakan beberapa contoh dari konten yang ada pada akun tersebut.


2. Sisi Terang

Channel Sisi Terang (Foto: YouTube)

“Hei! Kamu mencari jawaban atas pertanyaan terbesar dalam hidup? Menyukai penemuan sains terbaru, penjelajahan ruang angkasa, misteri yang membuatmu berpikir, kisah nyata mengejutkan, kesehatan dan kebugaran, ujian dan teka-teki seru, atau kiat-kiat berguna untuk perkembangan diri, psikologi, hubungan, gawai, atau hanya rutinitas sehari-hari? Semuanya ada!”
Kalimat tersebut merupakan deskripsi yang ada pada kanal YouTube Sisi Terang. Ciri khasnya adalah membahas hal-hal sederhana dalam kehidupan yang belum diketahui oleh kebanyakan orang. Menikmati konten Sisi Terang tentu akan menambah pengetahuan kita tentang hal-hal yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.


3. Analisa Channel

Analisa Channel (Foto: YouTube)

Channel ini berisi konten yang membahas kepribadian, lingkungan, kisah inspiratif, cerita kehidupan, dan hal lainnya. Analisa Widyaningrum sebagai pembuat konten ingin ikut serta menciptakan positive vibes melalui channel YouTube karena ia percaya pikiran yang positif akan menular. Konten dalam Analisa Channel ini cukup ringan dan mudah dipahami.


4. Korea Reomit

Channel Korea Reomit (Foto: Youtube)

Korea Reomit pernah mengemparkan masyarakat Indonesia karena membahas tentang perlakuan buruk yang didapat ABK (Anak Buah Kapal) Indonesia saat bekerja di atas kapal asing (Kapal China). Selain informatif, konten orang korea medok ini juga terdiri dari beberapa segmentasi yang menghibur seperti Detektif Reomit, RinDingDong, METBG, Men’s Grooming, dan beberapa konten menarik lainnya.


5. Najwa Shihab

Channel Najwa Shihab (Foto: YouTube)

Najwa Shihab merupakan seorang jurnalis yang kritis. Saluran YouTubenya membahas berbagai hal meliputi topik-topik politik, hukum, sosial, religi, dan isu-isu aktual lainnya yang dikemas lewat kemasan yang tidak sekadar menghibur tapi juga insightful. Selain memberikan pengetahuan, channel Najwa Shihab juga membuat kita untuk belajar lebih kritis dalam melihat berbagai isu yang sedang terjadi.

Itulah 5 contoh channel YouTube yang mengedukasi, menginspirasi, serta dapat menghibur masyarakat. Jangan lupa, tetap bijaklah dalam memilih tontonan YouTube.  (Kuni Qurota Aini)

Editor: Ayu Fitmanda Wandira

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.