Header Ads

Surat Edaran Kesiapsiagaan Menghadapai Corona, Warga Kampus Diharapkan Waspada dan Tidak Panik

Surat edaran mengenai Covid-19 dari Rektor UPNVY.

Masyarakat Indonesia saat ini tengah menghadapi kegelisahan. Adanya dua warga Indonesia yang positif terjangkit Corona Virus Disease (Covid-19) atau virus corona menyebabkan kekhawatiran bagi masyarakat Indonesia. Kasus pertama ini menimpa dua warga Depok, yaitu seorang ibu (64) dan anak (31). Keduanya dinyatakan terjangkit virus corona setelah bertemu dengan warga negara Jepang. Hal ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada hari Senin, (2/3).

Dengan adanya kasus ini, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta mengeluarkan surat edaran mengenai kesiapsiagaan menghadapi Covid-19 (Corona Virus Disease-19). Adapun surat edaran ini berisi imbauan sebagai berkut:

  1. Informasi berbagai macam negara yang sudah terjangkit virus corona
  2. WHO sudah menetapkan bahwa COVID-19 merupakan Public Health Emargency International Concern
  3. UPN menghimbau kepada seluruh akademika dan pegawai untuk menangguhkan semua perjalanan ke luar negeri pada negara-negara yang sudah terdampak
  4. Apabila baru saja kembali melakukan perjalanan dari luar negeri terutama dari negara terdampak untuk melakukan isolasi di rumah masing-masing selama 14 hari
  5. Diharapkan warga UPN “Veteran” Yogyakarta tidak panik dan selalu melakukan tindak pencegahan mandiri seperti menggunakan kebersihan tangan, dan mencegah kontak dengan penderita
  6. Gunakan masker apabila batuk dan pilek
  7. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut diharapkan untuk merujuk kepada buku pedoman yang sudah disediakan oleh Kemenkes RI (Kementrian Kesehatan Republik Indonesai) pada tanggal 17 Februari 2020.
Dengan dikeluarkannya surat edaran ini, diharapkan agar warga UPN “Veteran” Yogyakarta bisa lebih waspada untuk menjaga diri agar terhindar dari virus tersebut. Selain itu, menurut Harianto, selaku dokter umum mengimbau agar tidak perlu panik, “Upaya yang dilakukan bisa dengam menjaga tubuh masing-masing melalui cuci tangan, menggunakan masker bagi yang sakit, menaikkan daya tahan tubuh (antibodi) dengan mengkonsumsi vitamin C dan E karena dengan imun yang tinggi dan olahraga diharapkan bisa melawan virus tersebut”.

Melalui akun resmi @KemenkesRI di Twitter, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia memberika imbauan dan arahan dalam menghadapi kejadian ini. Kemenkes RI mengimbau agar masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, meningkatkan kebersihan diri, menjaga imunitas tubuh, dan saling bergotong royong untuk menghadapi virus ini.

Desi Ratnasari, salah satu mahasiswa UPN, menyatakan pendapatnya. Ia memaknai bahwa adanya surat edaran kesiapsiagaan yang dikeluarkan oleh UPN "Veteran" Yogyakarta, berarti kampus memberikan kepeduliannya kepada seluruh masyarakat kampus. Hal tersebut dilakukan agar dapat menciptakan lingkungan yang sehat. (Annisa Rindi)




Editor: Muhammad Hasan Syaifurrizal Al-Anshori

1 komentar:

  1. Gabung bersama wongpoker . club dan dapatkan Bonus Extra Daftar dan dapatkan Bonus Menarik lainnya hanya di WONGPOKER , situs online teraman dan terpercaya .
    Hub CS kami di LINE/BBM:CsWongpoker WA/TELP : 087775727442
    Kami siap melayani anda 24 jam nonstop.
    http://wongpoker.club

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.