Header Ads

Raise Up Your Taste Not Your Waste

Suasana acara Kalapirsa #3 di Layar Tancap, Yogyakarta. (Sumber: Laras Dika)

Yogyakarta - Selama ini, kita hidup di tengah barang-barang sekali pakai, kemasan plastik, dan sampah yang terus menggunung dan tak dapat terurai. Lalu, gunungan sampah tersebut semakin menumpuk dan mencemari lingkungan. Untuk menjaga masa depan ekosistem, diperlukan perubahan besar, salah satu caranya menerapkan gaya hidup zero waste alias bebas sampah.

Dewasa ini, banyak sekali yang menyuarakan zero waste. Mulai dari pemerintahan, perusahaan-perusahaan dan bahkan sudah muncul dalam diri sendiri karena berkaca dari kejadian yang sangat menggugah kepekaan kita. Plastik sudah lama mencekik kehidupan manusia yang mengakibatkan diri sendiri dan satwa-satwa mati karena memakan plastik melalui makanan, minuman, sampah sisa produksi, bahkan udara yang kita hirup.

Salah satu lembaga yang menyuarakan tentang Zero Waste adalah Kelompok Studi Mahasiswa Crast.fm UPN “Veteran” Yogyakarta. Sabtu (14/3), Crast.fm menghadirkan kembali Kalapirsa #3 dengan menghadirkan suasana yang berbeda dari acara sebelumnya. Acara ini mengangkat tema “The Reborn of Awareness”. Acara ini berusaha untuk menyadarkan bahwa merusak atau meninggalkan sampah itu tidak baik, apalagi untuk bumi kita ini. Mulai dengan melakukan hal kecil seperti peduli terhadap lingkungan sekitar kita. Meskipun kecil namun berarti bagi lingkungan.

Kelompok studi yang berfokus pada penyiaran tersebut membuka kelas loka karya pembuatan tas ramah lingkungan bersama Rumijo (Rumah Inspirasi Jogja) secara gratis dan kuota yang terbatas. Selain itu, acara yang sejak pukul empat sore hingga pukul sebelas malam ini berlangsung meriah dengan diiringi tiga bintang tamu, yaitu Kurosuke, Sade Susanto dan Swares Band.

“Tadi sore Rumijo mengajarkan kita bagaimana membuat tas dari bungkus minyak goreng dan dari barang-barang yang tidak terpakai lainnya yang masih layak digunakan,” ungkap salah satu peserta loka karya, Ireny Nancy yang merupakan salah satu anggota Crast.fm.
Penampilan Swares Band di Kalapirsa #3. (Sumber: Laras Dika)
Untuk tiket masuk, acara ini memberlakukan berdonasi dengan minimal Rp9.999,- yang nantinya akan disalurkan ke Paguyuban Seni Ketoprak Tunanetra Destra Budaya di Yogyakarta sebagai bentuk apresiasinya.

“Acara ini sudah dipersiapkan sejak 6 bulan lalu yang bertujuan melahirkan kembali kepekaan kita terhadap isu lingkungan. Untuk donasinya kami mematok sepuluh ribu minimal dan ditujukan kepada Destra Budaya” Tutur Rizki Chandra selaku ketua Kalapirsa tahun ini malam tadi.
Tamu undangan sedang berfoto di photobooth. (Sumber: Laras Dika)
Kita harus menyadari bahwa isu lingkungan ini adalah isu tentang keberlangsungan masa depan Bumi. Kalau kita masih tetap tinggal di bumi, jaga lingkungannya. Sejatinya, Zero Waste adalah hidup tanpa mengahsilkan sampah. Tapi mustahil, manusia tidak menghasilkan sampah. Namun setidaknya mari mulai meminimalisir produksi sampah. Terakhir, sesuai dengan tagline Crast.fm, “Raise Up Your Taste Not Your Waste” yang mana hidup akan selalu berjalan, akan ada hal yang baru juga hal yang ditinggalkan. Biar kenangan saja yang ditinggal, jangan sampai sampahmu yang tertinggal. (Laras Dika Youlanda)



Editor: Muhammad Hasan Syaifurrizal Al-Anshori

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.