Header Ads

Wajah Baru Perpustakaan Yos Sudarso


Menunggu kelas selanjutnya tapi bingung mau kemana?

Atau kelas kosong gak ada dosen tapi males pulang?

Sekali-sekali yuk kepoin suasana baru Perpustakaan Yos Sudarso yang sudah selesai direnovasi!

Ruang baca di Perpustakaan Yos Sudarso, Kampus I UPNVYK (Foto Hasna Fadhilah)
Akhir tahun 2019 Perpustakaan Yos Sudarso yang terletak di sebelah timur Gedung Rektorat UPN ‘Veteran’ Yogyakarta mengalami renovasi di beberapa bagian. Perbaikan yang baru selesai awal tahun 2020 ini dapat dirasakan langsung dari perluasan area perpustakaan dan penambahan sudut bilik baca.

Renovasi yang dilakukan berusaha untuk mengubah stigma mahasiswa bahwa perpustakaan adalah tempat yang membosankan. Hal tersebut dapat dilihat salah satunya dari penempatan bilik baca yang sengaja diletakkan di balkon gedung dan menghadap langsung ke area luar.

Penambahan bilik baca yang menghadap langsung ke luar (Foto: Hasna Fadhilah)

Bilik baca baru yang ditempatkan di balkon perpustakaan (hasna fadhilah)
Penambahan bilik baca diharapkan agar perpustakaan tersebut tak hanya dijadikan sebagai tempat mencari referensi melalui buku-buku, namun mahasiswa pun dapat memanfaatkannya sebagai tempat berdiskusi.  Terdapat pula fasilitas-fasilitas penunjang lain seperti beberapa unit komputer, sudut baca (baik duduk maupun lesehan), dan akses internet (Wifi) yang cepat.
Bilik baca berbentuk lingkaran di area perpustakaan (Foto: Hasna Fadhilah)
Muji Isambina selaku staf UPT Perpustakaan merasakan manfaat dari adanya renovasi tersebut, “Dulu sebelum renovasi kalau berada di sini rasanya gerah sekali karena kan belum ada AC, terus banyak buku-buku yang berdebu karena tidak terurus. Sekarang (setelah perbaikan) kalau dilihat kan enak dan nyaman, ya.” Ia pun mengaku semenjak renovasi selesai dilakukan, terdapat peningkatan jumlah mahasiswa yang datang, dengan rata-rata mencapai 50 pengunjung per hari.

Walaupun Perpustakaan Yos Sudarso terletak di Kampus 1 Condongcatur, banyak pula mahasiswa Kampus 2 Babarsari yang berkunjung ke sana. Beberapa dosen pengajar bahkan mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan diskusi mengenai pembelajaran di perpustakaan tersebut.

“Setelah selesai renovasi ini pun kami sebagai staf perpustakaan juga semakin dibantu dan dipermudah dalam pekerjaan, seperti pengisian daftar pengunjung yang sudah daring, jumlah buku-buku yang semakin bertambah, yang juga berimbas makin banyak membantu mahasiswa untuk mencari berbagai referensi.” ujarnya lagi.

Sudut rak baca buku baru setelah renovasi dilakukan (Foto: Hasna Fadhilah)

Perpustakaan Yos Sudarso terbagi menjadi 3 bagian, yang pertama ruang sirkulasi berada di lantai satu gedung. Ruang tersebut berisikan buku-buku penunjang yang dapat dipinjam oleh para mahasiswa setiap harinya. Selanjutnya, di lantai 2 gedung terdapat ruang baca yang hanya digunakan untuk membaca buku-buku penunjang dan tidak melayani peminjaman buku selain di hari Jum’at. Terakhir, ruang referensi yang memiliki koleksi sebagian besar berupa jurnal-jurnal ilmiah dan hasil penelitian.

Salah satu pengunjung, Michell yang merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian, mengatakan bahwa ia semakin sering datang ke perpustakaan semenjak renovasi dilakukan. “Dari dulu sering kesini, tapi sekarang semakin sering karena suasananya lebih nyaman juga. ”Meski demikian Ia juga menyampaikan sarannya terkait fasilitas lain, “Mungkin kedepannya bisa ditambahkan lagi soket listrik di banyak bagian, karena sekarang hanya di beberapa sudut tertentu saja,” tambahnya.

Grace selaku pengunjung lain pun juga merasakan kenyamanan yang sama. Baginya renovasi yang dilakukan membuat suasana di perpustakaan ini semakin nyaman untuk digunakan. Ia semakin betah untuk mengerjakan tugas atau sekadar membaca buku. Tentunya dengan perubahan yang telah dilakukan, mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan secara maksimal perpustakaan sebagai salah satu fasilitas kampus. (Hasna Fadhilah)

Editor : Rieka Yusuf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.