Header Ads

Program Kebijakan Kampus Merdeka Mendikbud Nadiem Makarim

Nadiem Makarim saat menyampaikan Program Kampus Merdeka (Foto: Google)

Setelah dilantik sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim baru-baru ini mengeluarkan program kebijakan Kampus Merdeka yang berisi empat program. Pertama, PTN dan PTS pemilik akreditasi A dan B memiliki otonomi membuka prodi baru. Kedua, PTN BLU akan diberikan kemudahan untuk menjadi PTN BH tanpa terikat status akreditasi. Ketiga, mahasiswa berhak mengambil  mata kuliah diluar prodi. Terakhir, re-akreditasi bersifat otomatis untuk seluruh peringkat.

Salah satu Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Annisa Aulia Rahim, mengatakan bahwa ia menyambut dengan baik program baru Mendikbud. “Semoga program yang menyatakan bahwa mahasiswa berhak mengambil mata kuliah di luar prodi segera direalisasikan. Ya, karena saya juga ingin mendalami mata kuliah di luar Prodi Ilmu Komunikasi,” jelasnya.

Namun, di sisi lain ternyata masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui adanya program kebijakan baru tersebut. Program ini seharusnya lebih disosialisasikan lagi agar mahasiswa mengetahui dengan jelas tujuan dari diberlakukannya kebijakan ini. Setelah disosialisasikan dengan baik, maka program kebijakan tersebut akan lebih mudah dijalankan selaras dengan keinginan pemerintah dan diterima dengan baik oleh mahasiswa.

Penerapan Program Kampus Merdeka baru akan diterapkan pada Perguruan Tinggi Negeri berstatus PTN BH. Sementara itu, UPN saat ini masih berstatus satuan kerja (satker) karena termasuk salah satu dari 35 PTN baru yang ada di Indonesia. “UPN sedang diusahakan dalam proses menuju PTN berstatus PTN BH namun hal ini dilakukan secara bertahap,” ungkap Dewi Novianti, salah satu Dosen Ilmu Komunikasi. Ia melanjutkan, sampai saat ini belum ada edaran peraturan menteri mengenai kebijakan Kampus Merdeka.

Dalam mewujudkan kebijakan terbaru Mendikbud, dibutuhkan sistem yang baik agar program dapat terlaksana dengan lancar tanpa kendala. Maka dari itu, setiap perguruan tinggi negeri sudah harus menyiapkan sistem yang baik dari sekarang untuk menunjang terlaksananya Program Kampus Merdeka.  (Salma Annisa)

Editor: Ayu Fitmanda Wandira

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.