Header Ads

Pentingnya Etika Komunikasi


Ilustrasi berkomunikasi dengan dosen (sumber: https://www.sutori.com/item/enfoque-comunicativo-los-e)

“Seorang dosen pernah bercerita kepada saya bahwa ada mahasiswanya yang menghubungi jam 23.00 malam. Mahasiswa tersebut mengirimkan pesan pendek kepada dosen bersangkutan untuk menanyakan apakah besok ada jam bimbingan konsultasi skripsi,” kata Fajar Junaedi dalam bukunya, Etika Komunikasi di Era Siber.

Dosen tamu di Program Studi Ilmu Komunikasi, UPN Veteran Yogyakarta ini bercerita lebih dalam melalui bukunya. Pengalaman serupa pernah ia alami, kemudian pesan singkat mahasiswanya ia balas. Keesokan harinya, ia bertemu dengan mahasiswa yang bersangkutan.

“Saat bertemu, saya sampaikan berkomunikasi melalui media apapun harus mempertimbangkan etika. Menghubungi dosen tengah malam tidak sopan, karena tengah malam adalah waktu istirahat,” ujar Mas Jun sapaan akrabnya.

Ia juga menjelaskan, nasehat yang disampaikan bukan hanya relasi antara dosen dan mahasiswanya. Namun, untuk masa depan mahasiswa. Ketika di dunia kerja, soft skill yang berkaitan dengan etika merupakan hal yang penting.

Mengapa etika komunikasi penting?

Etika membantu manusia guna melakukan tindakan secara bebas, namun dapat dipertanggungjawabkan. Etika menjadi pokok dari otonomi moral yang menjadi prinsip utama moralitas. Di lingkungan masyarakat, terdapat nilai dan norma. Walaupun tidak tertulis, masyarakat dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Inilah pentingnya menerapkan etika dalam komunikasi, baik kepada dosen maupun orang lain.

Seorang kakak tingkat -sebutan untuk mahasiswa senior- pernah bertanya pada penulis. Isi pesannya gimana? Tanyanya pada penulis. Padahal, di lingkup Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta terdapat mata kuliah Etika Komunikasi yang wajib diambil. Walaupun secara spesifik mata kuliah tersebut tidak membahas tata cara menghubungi dosen. Namun, diawal perkuliah, dosen yang mengampu mata kuliah menjelaskan pentingnya etika.  Seyogya kita tahu bagaimana etika yang baik dalam menghubungi dosen.

Untuk mencapai proses komunikasi yang efektif dan beretika, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) UPN Veteran Yogyakarta melalui akun instagramnya, menjelaskan tata cara menghubungi dosen di sini. Mulai dari waktu yang tepat, hingga penggunaan bahasa yang baik.


Dikirim oleh Fajar Andrian, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, UPN Veteran Yogyakarta.

Editor: Rieka Yusuf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.