Header Ads

Dawet Jabung, Cita Rasa Unik Minuman Khas Ponorogo

Dawet jabung khas Ponorogo (Sumber: Travelingyuk.com)

Selain terkenal dengan tarian Reog, ternyata Kabupaten Ponorogo juga memiliki minuman tradisional yang khas bernama dawet jabung. Sesuai dengan namanya, dawet jabung berasal dari sebuah desa bernama Jabung di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Dawet Jabung sebenarnya sama seperti dawet-dawet pada umumnya yang terbuat dari sagu aren dan tape ketan dengan kuah santan kelapa muda yang gurih. Namun, cendol ini juga menggunakan sari aren tanpa bahan pewarna dan pengawet. Konsep yang membedakan dari minuman sejenis adalah tambahan gempol. Gempol merupakan bulatan berwarna putih yang terbuat dari tepung beras. Selain itu, untuk melengkapi sajian dari dawet tersebut biasanya ditambah irisan buah nangka.

Dawet jabung ini memiliki cita rasa yang khas dan menyegarkan. Perpaduan rasa manis dan sedikit asin gurih pada kuahnya tentu memberikan cita rasa unik pada minuman satu ini. Rasa asin tersebut didapat dari kuah santan yang diberi sedikit garam. Dawet jabung cocok disajikan dalam keadaan dingin dan dinikmati pada siang hari yang panas.

Di Desa Jabung bahkan terdapat sebuah wilayah yang disebut sebagai Kampung Dawet. Daerah ini juga merupakan sentra penjualan dawet jabung. Penikmat minuman khas tersebut tidak hanya berasal dari masyarakat lokal, namun juga wisatawan yang berkunjung ke daerah Ponorogo. Dengan hanya mengeluarkan kocek sebesar lima ribu rupiah, pembeli dapat menikmati kesegaran dawet jabung yang tentu akan membuat mereka ketagihan. (Ayu Larasati)

Editor: Rieka Yusuf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.