Header Ads

Workshop Cupping and Brewing dan Pour-Over Student Battle: Menjembatani Para Pelajar ke Ranah Kopi

Peserta mendengarkan pemateri sebelum praktek brewing dan cupping (foto: Mella)

Sleman, SIKAP - Erha Coffee and Literacy mengadakan Workshop Cupping and Brewing dan Pour-Over Student Battle. Rangkaian acara ini bertempat di kafenya di Jalan Wachid Hasyim No. 6 Condongcatur, Yogyakarta pada Jumat (12/04). Kedua acara tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun pertama kafe tersebut.

Workshop Cupping and Brewing ini dibawakan oleh Kang Adin dari Blackjava Coffee Roastery dan Mas Andri dari The Creator Coffee. Dimulai pada pukul satu siang, para peserta tidak hanya dipaparkan materi oleh para pemateri, mereka juga dapat langsung mempraktekan materi yang telah mereka dapatkan. Usai workshop, acara dilanjutkan dengan technical meeting untuk Pour-Over Student Battle yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (13-14/04).

Workshop ini dikhusukan untuk para pelajar dan mahasiswa. Ada 32 peserta yang terdiri dari siswa SMK hingga mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Wiwiet Aditya selaku ketua pelaksana acara ini mengatakan antusiasme event ini cukup tinggi. “Soalnya kita punya 32 slot pesertanya. Nyatanya yang daftar itu lebih dari itu, banyak banget. Cuma kita sortir lagi dan siapa yang paling cepet daftarnya. Kemarin juga ada yang dari luar kota pengin daftar. Pendaftarnya hampir sampai 50.” Papar Wiwiet.

Workshop ini dikhususkan bagi kalangan pelajar/mahasiswa agar dapat menjadi jembatan bagi mereka yang tertarik pada kopi serta mengajarkan mereka cara untuk brewing dan pouring sekaligus mengenalkan mereka kepada biji kopi yang akan digunakan pada lomba di hari Sabtu dan Minggu. Acara ini diharapkan dapat meningkatkan gairah dan semangat para pelajar untuk terus belajar mengenai kopi sehingga dapat turut meramaikan dunia kopi dengan menjadi barista-barista muda.


Peserta sedang bertanding dalam Pour-Over Student Battle (foto: Lili)

Setelah workshop, rangkaian acara ulang tahun Erha Coffee and Literacy dilanjutkan dengan Pour-Over Student Battle pada hari Sabtu untuk mencari 16 besar dan Minggu untuk semifinal dan final. Salah satu peserta, Muhammad Ardian Syahputra mengaku mengikuti event ini untuk menguji kemampuannya. “Pengin menguji seberapa jauh kemampuan, sekaligus silaturahmi sama temen-temen pegiat kopi di Yogyakarta. Dan cari relasi.” Kata Ardian. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini menargetkan dirinya masuk ke tiga besar.

Puncak acara ini dirayakan bertepatan dengan hari jadi Erha Coffee and Literacy pada malam hari Minggu (14/04). Malam puncak tersebut akan dimeriahkan oleh penampilan dari Yuliono Singsoot, Gabriela Fernandez dan Answer Sheet. (Graceilla Mellania)

Editor: Aqmarina Laili Asyrafi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.