Header Ads

Dusun Soka Kelola Wisata Murah Meriah


Anak-anak yang sedang asik berenang di kolam renang Air Terjun Klampok. (Foto: Maya Arina)

Dusun Soka, Seloharjo, Pundong, Bantul baru baru ini meresmikan salah satu tempat dibawah lereng bukit menjadi area wisata. Dengan memanfaatkan air terjun yang secara alami telah ada di sana, warga dengan kreatif mengelola lokasi tersebut. 

Air Terjun Klampok merupakan salah satu spot yang sangat berpotensi menjadi tempat wisata keluarga. Melihat potensi tersebut warga Dusun Soka bahu membahu merawat dan mengelola area air terjun tersebut. Pengairan air terjun dimanfaatkan menjadi kolam renang sederhana yang memiliki kedalaman beragam. 

"Area wisata ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat khususnya pemuda RT 4, karena lokasi air terjun berada di sana. Namun semua warga juga ikut mendukung dan membantu saat diperlukan," terang Hariyanto selaku ketua pemuda Karang Taruna Dusun Soka

Area wisata yang telah dilengkapi dengan tong sampah dan papan pemberitahuan. (Foto: Maya Arina)

Hariyanto menjelaskan, terdapat fasilitas yang mewadahi saat wisatawan mengunjungi Air Terjun Klampok. Fasilitas tersebut dapat mendukung kenyamanan para pengunjung. 

"Area ini sudah dilengkapi dengan ruang ganti, toilet umum, area parkir dan penjagaan keamanan oleh warga," terangnya lagi. 

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Klampok hanya perlu membayar Rp 1.000 untuk parkir karena pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Untuk penyewaan ban juga dipatok dengan harga yang cukup murah yaitu Rp 1.000.

Pengunjung yang sedang menikmati pemandangan Air Terjun Klampok. (Foto: Maya Arina)
Devry Yudha, salah satu pengunjung Air Terjun Klampok di dusun Soka mengatakan bahwa kehadiran lokasi wisata ini dapat menjadi alternatif wisata yang murah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. 

"Dengan pengelolaan yang baik dari warga dusun Soka, pengunjung sudah dapat menikmati berbagai fasilitas seperti berenang, melihat air terjun, dan lain-lain," terang Devry. 

Area desa wisata di dusun Soka ini selalu ramai dipadati pengunjung setiap hari Sabtu dan Minggu. 

"Harapannya dengan potensi wisata yang dimiliki dusun kami dapat menarik perhatian wisatawan dan menaikkan roda perekonomian di dusun Soka ini, " ujar Suyanto, Kepala Dukuh Dusun Soka. 
(Maya Arina Pramudita)

Editor: Lajeng Padmaratri
Diberdayakan oleh Blogger.