Header Ads

Fakta Menarik Wregas dan Gianni, Sutradara Muda


Yogyakarta, SIKAP – Minggu (10/9) menjadi hari penutupannya festival Land of Leisure di Plaza Ambarrukmo, yang sudah dimulai sejak 8 September kemarin. Merupakan acara sebagai platform untuk para pelaku industri kreatif yang dikemas dalam bentuk pasar kreatif dengan berbagai macam merk lokal. Diisi 93 merk food&fashion, 23 pertunjukan musik, dan 12 influencer. Beberapa diantaranya adalah film maker Wregas Bhanuteja dan Gianni Fajri.
    
Wregas dan Gianni festival Land of Leisure di Plaza Ambarrukmo (10/9). Foto: @wregas_bhanuteja

     Wregas dan Gianni merupakan sutradara muda yang memiliki segudang prestasi. Mulai karya yang memukau hingga penghargaan yang didapat. Menjadi seorang film maker merupakan passion yang berawal dari hobi mereka. Banyak fakta menarik dari kedua inspirator ini, mulai dari menemukan kecintaannya terhadap dunia film hingga sekarang, semua telah dirangkum oleh Sikap, berikut faktanya :

1. Mamanya adalah inspirasinya
     Beberapa orang banyak yang tidak tau ternyata awal inspirasi fashion vidio Gianni adalah mamanya sendiri, yang merupakan fashion designer. Dan karena itulah wanita yang merupakan pacar dari Keenan ini mengambil studi Fashion Business di LaSalle College. 


2. Sebelum jadi sutradara, Wregas pernah jadi pemain film
     Bermula saat SMP, Wregas membuat film bersama teman-temannya, dengan cerita sederhana dimana seorang bendahara kelas yang korupsi uang kas, dan yang menjadi pemeran bendahara ternyata adalah Wregas.

3. Gianni seorang pemusik
     Ternyata pekerjaannya dalam membuat vidio klip di dasari oleh kesukaannya terhadap musik. Gianni pernah bergabung dalam sebuah band dan menjadi seorang bassist.

4. Pernah bikin film bareng Suku Anak Dalam di Jambi
     Situasi saat itu Wregas yang menjadi Asisten Sutradara 3 tidak memikirkan bagaimana cara film itu harus dibuat dengan sangat bagus, tapi yang harus dilakukannya adalah bagaimana cara berkomunikasi dengan Suku Anak Dalam yang tidak bisa berbahasa Indonesia.


5. Youtube adalah guru bagi Gianni
     Ternyata karya-karya darinya adalah hasil belajar otodidak lewat Youtube. Hasilnya, saat ini Gianni sudah membuat music video untuk Maliq & D’Essentials, Neonomora, hingga BTS Filosofi Kopi.

6. ‘Lemantun’ film adaptasi keluarga Wregas
     Saat dihadapkan dengan tugas akhirnya di Institut Kesenian Jakarta, Wregas pun membuat film dengan judul ‘Lemantun’. Adaptasi dari kisah nyata keluarganya, disaat pembagian warisan lemari dari eyang untuk pakdenya. Dengan konflik dimana pakde Wregas disuruh eyang untuk membawa pergi lemari ke rumahnya, padahal pakde Wregas satu rumah dengan eyangnya. Dari film ini akhirnya Wregas lulus dan mendapatkan penghargaan XXI Short Film Festival 2015.

7. Ga suka nonton vlog dan tutorial di Youtube
     Tidak seperti wanita-wanita pada umumnya yang suka menonton vidio tutorial ataupun video blog di youtube, Gianni hanya memilih menonton film making. Baginya tidak ada ketertarikan dalam hal itu. Sampai saat ditawari sebuah proyek pembuatan video tutorial ia sempat menolak, tapi akhirnya video tutorial itu dikemas sedemikian rupa berbeda dengan konsep yang Gianni banget. Karena baginya bikin film itu tidak harus sama dengan karya-karya orang.

8. Film low budget tembus Berlin
     Siapa sangka dari film dengan pengeluaran 35.000 dalam film ‘Lembu Suro’ bisa membawa menjadikan Wregas sebagai nominator Festival Film Bernilale 2015 di Berlin.

9. Sutradara Inspirasi ala Gianni
     Wes Anderson, Sofia Coppola, dan Christoper Nolan adalah sutradara yang sangat menginsiprasi Gianni. Mulai dari penentuan konten, skrip, teknik, hingga cara pengambilan dari sutradara-sutradara tersebut, sangat membantu Gianni dalam mendapatkan inspirasi pembuatan filmnya.

10. Wregas sedang sibuk menyiapkan film panjang pertamanya
     Saat ini Wregas mencoba hal baru dalam dunia filmnya setelah mendapat kan banyak penghargaan dari beberapa karya film pendeknya. Film panjang pertamanya yang diproduseri oleh Mira Lesmana dan Riri Riza. Yang sebelumnya Wregas pernah ikut bareng dalam film mereka, yaitu AADC 2. Sedangkan film Prenjak merupakan film pendek terakhirnya di 2016.

      Nah itulah beberapa fakta menarik dari 2 sutradara muda Indonesia, semoga menambah informasi dan terinspirasi menjadi film maker seperti Wregas dan Gianni.(Dwi Atika N)


Editor : Fariha Sulmaihati
Diberdayakan oleh Blogger.