Header Ads

FOTKOM401

FOTKOM401
FOTKOM 401 adalah salah satu dari 3 Kelompok Studi Mahasiswa (KSM)  yang ada di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. KSM ini merupakan wadah bagi para mahasiswa Ilmu komunikasi yang menyukai bidang fotografi. Fokus KSM yang berdiri pada April tahun 2001 ini mengajarkan mahasiswa tentang dunia fotografi serta memberikan fasilitas untuk mengembangkan kemampuan memotret yang baik.

Nama FOTKOM diambi dari fotografi komunikasi, sedangkan 401 adalah 4 yang berarti bulan keempat, dan 01 dari Tahun 2001. Lahirnya FOTKOM 401 di tahun 2001 pada bulan April adalah jawaban mengapa fotografi adalah bidang yang penting dan menarik dalam komunikasi. Sebut saja Fotografi Periklanan, Fotografi Jurnalistik, dan lain sebagainya. Bahkan hari ini fotografi menjadi faktor penting  di dunia maya atau media soisal.

Kegiatan rutin FOTKOM 401 adalah rapat anggota, pemberian materi-materi tentang fotografi yang selanjutnya akan dipraktekan dengan hunting foto. Bahkan tak jarang juga FOTKOM 401 mengikuti atau membuat Hunting Bersama (HB) ke berbagai tempat di luar kota Yogyakarta. Pada tahun 2014 lalu beberapa anggota FOTKOM 401 juga berangkat sampai Makassar untuk mengikuti Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia.

Setelah melakukan hunting, FOTKOM 401 juga menggelar berbagai macam pameran. Setidaknya ada Pameran Pendidikan Dasar, Pameran Pendidikan Lanjut, hingga pameran  dari hasil hunting foto bersama. Maka jangan heran, ketika Gedung Utama mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UPN V YK tiba- tiba disihiasi oleh foto - foto dibeberapa  sudutnya. Itu adalah salah satu kreasi yang diberikan anggota FOTKOM 401.

FOTKOM 401 juga rajin membangun relasi keluar.  Terutama relasinya dengan organisasi yang sama-sama bergerak dalam dunia fotografi. Dalam tingkat regional, organisasi ini tergabung di dalam forum komunikasi klub foto di Yogyakarta atau yang biasa disebut dengan “FORKOM JOGJA”. FORKOM JOGJA adalah organisasi yang dibentuk untuk menaungi klub-klub foto yang ada di Yogyakarta. Di organisasi ini kita bisa banyak kenal dengan orang-orang dari klub foto dari berbagai universitas lain di regional Yogyakarta.  Dalam tingkat nasional FOTKOM 401 tergabung dalam Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia. Jika FORKOM JOGJA hanya untuk seputaran Yogyakarta, JFMI menaungi klub-klub foto mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia. Seperti dari Malang, Jakarta, Semarang, Lampung, Lombok Makasar dan masih banyak lagi.


KSM yang saat ini diketuai oleh Herlambang Jati Kusuma ini memiliki beberapa divisi. Di antaranya divisi penelitian dan pengembangan (LITBANG) yang bertugas memberikan materi-materi seputar fotografi. Yang kedua divisi kamar gelap, divisi ini juga memberika materi seputar fotografi tetapi lebih spesifik kepada fotografi analog. Yang ketiga FOTKOM 401 mempunya divisi hunting, dimana tugas divisi ini memfasilitasi para anggota untuk mempraktekan materi-materi yang sudah di dapat, seperti hunting bersama ke suatu tempa atau ke acara-acara tertentu dan juga hunting-hunting yang sudah menjadi program kerja tahunan. Setelah itu, ada divisi pameran, tugas nya mengadakan pameran-pameran foto guna mewadahi hasil akhir dari hunting-hunting foto tadi. Kelima adalah divisi yang bertugas untuk mengumpulkan dana untuk FOTKOM 401 yaitu divisi Dana Usaha. Divisi ini biasa nya menjual merchandise ataupun menyewakan figura. Selanjutnya, ada divisi Kesekretariatan yang bertanggung jawab atas sekretariat dan barang-barang inventaris milik FOTOKM 401. Yang terakhir adalah divisi HUMAS yang bertugas untuk mempererat hubungan di antara para angota dan alumni baik di internal maupun eksternal FOTKOM 401. (Ridho)
Diberdayakan oleh Blogger.