Header Ads

Tradisi Bagi Onde di Vihara Banten

Antusias warga dan umat Budha saat Onde dibagikan oleh pihak panitia, Kamis (21/7)
foto : Muhammad Akbar Samudra
Serang, SIKAP – Ratusan warga dari pelbagai kalangan menyaksikan perayaan HUT Dewi Kwan Im yang digelar oleh umat Budha di Vihara Avalokitesvara Banten, Kasemen, Kota Serang, Kamis (21/7/2016).


Perayaan hari besar yang dihadiri oleh umat Budha dari pelbagai daerah ini, tentunya menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke komplek Banten maupun penduduk sekitar yang ingin ikut serta dalam kegiatan tersebut. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini memiliki rangkaian acara yang dimulai sejak pagi hari hingga pukul 12 malam.
“Majelis acaranya ada, persembahyangan, persembahan pujabakti, dan ditutup dengan pembagian onde,” ungkap Ketua Himpunan Mahasiswa Budhis Indonesia cabang Serang, Rivaldo Wijaya. Momen yang paling ditunggu oleh ratusan umat dan pengunjung adalah tradisi pembagian onde, di mana kegiatan ini hanya bisa ditemui di Vihara Avalokitesvara Banten.

Antusias masyarakat terlihat ketika berebut saat pembagian onde berlangsung di tengah pelataran vihara. “Onde sendiri melambangkan keberkahan yang diberikan oleh Dewi Kwan Im serta menjadi gambaran kehidupan manusia yang lembut dan manis,” tambah Rivaldo.

Tradisi bagi onde tahunan ini tentunya diharapkan bisa menjadi alat pemersatu bagi para umat sekaligus warga sekitar. “Karena acaranya tahunan dan tentunya menjadi suatu keberkahan buat kami, ya kita harus hadir,” jelas Billy, salah satu umat Budha Jakarta. (Muhammad Akbar Samudra)
Diberdayakan oleh Blogger.