Header Ads

Pemilihan Umum Gubernur dan Presiden Mahasiswa

Sosialisasi tata cara pemilihan umum.
Yogyakarta, SIKAP – Kesatuan mahasiswa yang bernaung dalam Panitia Pemilu Raya Mahasiswa (PPRM) menyelenggarakan pemilihan umum untuk calon Gubernur dan Presiden Mahasiswa pada Rabu (1/6). Acara ini dilaksanakan serentak pukul 09.00 sampai 16.00 WIB di seluruh Fakultas UPN “Veteran” Yogyakarta.

Saat dimintai keterangan, Heru Jatmiko selaku Panitia Divisi Humas mengatakan bahwa tahun ini ia menambahkan perubahan yang lebih baik dalam hal sosialisasi, yakni pengadaan official account di beberapa media sosial. Pada periode sebelumnya, cara ini belum dilakukan karena saat itu sosialisasi masih menggunakan poster ataupun brosur.

 “Saya bilang tahun ini cukup baik mas, karena tahun ini mengeluarkan ide baru, dalam artian ada OA (Official Account) ya. Baru tahun ini kita pakai itu,” ujar Heru Jatmiko yang juga tercatat sebagai mahasiswa Akuntansi 2014.

Dalam menetapkan daftar pemilih yang ditunjuk sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap) ialah mahasiswa yang masih aktif dihimpun dari data pembayaran SPP/UKT pada masing-masing jurusan.

Jika dilihat mengenai antusias dalam lingkup FISIP, Heru menilai cukup banyak mahasiswa yang sudah berpartisipasi dalam pemilihan kali ini. “Lumayan, tadi awal-awal rame, abis selesai kuliah. Sekarang mahasiswa FISIP masih sibuk, ngga apa-apa, ntar pasti rame kalo abis selesai kuliah lagi,” ungkap Heru.

Sementara itu, antusias serupa juga terlihat di Fakultas Teknologi Industri (FTI), beberapa mahasiswa sedang menyoblos ketika berita ini dimuat. Andre, panitia yang ditugaskan untuk mengawasi pemilihan di FTI mengatakan antusias sampai saat itu sudah cukup baik, beberapa mahasiswa terdaftar sudah memilih. “Iya, untuk FTI sendiri udah banyak sih yang nyoblos. Untuk angkatan 13 udah 50% lebih, disusul sama angkatan-angkatan lainnya,tutur Andre.

Salah satu pemilih, Ahmad Ma’luful dari jurusan Teknologi Industri (TI) mengatakan cukup puas dengan pemilihan kali ini. Ia juga berharap agar di masa mendatang calon terpilih akan membawa perubahan yang lebih baik bagi FTI. “Saya antusias dengan pemilihan kali ini. Pelayanannya juga baik, sudah seperti pemilu pada umumnya. Harapan saya kedepan ialah semoga calon terpilih mampu membuat FTI menjadi lebih baik, khususnya bagi jurusan saya,” ungkapnya.


Hasil dari pemilihan ini langsung dihitung pada malam hari dan pemenang dari hasil perhitungan suara akan diumumkan satu hari setelah perhitungan suara. Senada dengan pernyataan Heru mengenai teknis pelaksanaan pemilu. “Iya, (hasil perolehan) suaranya akan kita hitung nanti malam, kemudian selang satu hari akan langsung kita umumkan,” paparnya. (Adi Ihsan)
Diberdayakan oleh Blogger.