Header Ads

Kunjungan Mahasiswa Fikom Universitas Garut ke Program Studi Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta

Pertemuan mahasiswa Fikom Uniga dan FISIP UPN
Yogyakarta, SIKAP - Program Studi Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta menerima kunjungan dari Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut (Fikom Uniga) pada Kamis (7/5/2015)

Bertempat di Ruang Seminar FISIP, acara dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN V Yogyakarta Lukmono Hadi. Menurutnya, studi banding berguna untuk membuka diri untuk melihat realitas yang ada diluar.

"Kita harus mempersiapkan anak didik kita agar tidak terjebak dalam dunianya sendiri," tambah Lukmono.

Sambutan lanjutan disampaikan oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta, Subhan Afifi. Dia menjelaskan bahwa jika seseorang ingin maju haruslah memiliki karakter. Prodi Ilmu Komunikasi.sedang dalam proses membangun karakter yang kuat, yaitu pertama semangat, kedua profesional, dan yang ketiga adalah etika yang kuat. "Karakter adalah panglima kreatifitas," ungkapnya. "Itulah salah satu cara untuk memenangkan persaingan," tambah Subhan. Subhan Afifi juga menyebutkan bahwa Ilmu Komunikasi saat ini sedang berjuang untuk mewujudkan Fakultas Ilmu Komunikasi Kreatif. Dia juga memperkenalkan kelompok-kelompok studi mahasiswa yang berdiri di Prodi Ilmu Komunikasi.

Diskusi

Kunjungan dari Fikom Uniga diisi dengan berbagai dikusi dan perkenalan yang disampaikan oleh dosen-dosen Prodi Ilmu Komunikasi. Isbandi Sutrisno selaku Sekretaris Prodi memulai presentasi dengan memperkenalkan jajaran pengurus dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh Prodi Ilmu komunikasi.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Komunikasi Kreatif oleh Dosen Komputer Grafis Prodi Ilmu Komunikasi, Kartika Ayu Ardhnariswari. Menurutnya, kreatifitas merupakan penggerak perubahan dan hasil dari sebuah kerja keras. 

"Kreatifitas bukanlah sebuah keberuntungan melainkan hasil dari kerja keras," tuturnya.

Pemaparan tentang Komunikasi Kreatif ini berkaitan dengan rencana perubahan Program Studi Ilmu komunikasi menjadi Fakultas Komunikasi Kreatif. Kartika menambahkan bahwa sektor ekonomi kreatif dapat memberikan pendapatan yang besar dalam suatu negara.

"Di Jepang, sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu andalan dari pemdapatan negara," tambahnya. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan perkenalan aktifitas-aktifitas serta kelompok-kelompok studi mahasiswa diantaranya, Avikom, Fotkom401, Crast, Sikap, dan UPN TV. (Intan Maharani & Berliyan Ramadhaniyanto)
Diberdayakan oleh Blogger.