Header Ads

Dies Natalies UKM Seni UPNVY ke-29 Gelar Pentas Kolaborasi 7 Subunit

Penampilan Sub Unit Karawitan pada Dies Natalis UKM Seni UPN “Veteran” Yogyakarta. (Sumber:Dhea Nikmaturrizki)
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni UPN “Veteran” Yogyakarta menggelar pentas pada hari Minggu (29/10/2023), untuk merayakan hari jadinya yang ke-29. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Auditorium W. R. Supratman, UPN “Veteran” Yogyakarta, mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Virtus Ars dipilih sebagai tema Dies Natalis tahun 2023 ini. 

Virtus Ars yang berarti “kekuatan seni” menggambarkan bagaimana seni memiliki kemampuan untuk mengubah, mempengaruhi, dan memperkaya kehidupan manusia dalam berbagai aspek. Aulia selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut mengatakan bahwa, “Dengan dipilihnya tema ini, kami berharap bahwa khalayak menjadi tahu kalau seni itu bukan hanya candaan atau mainan. Tetapi seni juga bisa memberikan dampak ke masyarakat.”

Pementasan ini menyajikan hasil kolaborasi dari tujuh subunit yang ada di UKM Seni UPN “Veteran” Yogyakarta, yakni Subunit Teater, Karawitan, Tari, Vocal Group, Band, Fotografi, dan Desain Grafis. Subunit Band dan Subunit Karawitan bertugas untuk mengiringi lagu pada saat penampilan dari Subunit tari dan sebagai musik selingan ketika penampilan teater. Agar bisa menampilkan pementasan tersebut membutuhkan waktu latihan selama 4 bulan. 

Pementasan yang ditunjukkan berjudul “Senandung dari Desa” yang bercerita mengenai seorang gadis bernama Rere. Dia bercita-cita menjadi seorang penyanyi tapi tidak direstui oleh orang tuanya dan memutuskan untuk pergi dari rumahnya. Ketika dalam perjalanan, Rere bertemu dengan teman-teman baru yang mana mereka tergabung dalam sebuah sanggar seni. Lalu, ia diajak untuk bergabung ke dalam sanggar tersebut. Pada suatu hari, terdapat kompetisi menyanyi dan Rere pun mengikutinya. Tak disangka, karena kegigihan Rere dalam berlatih vokal di sanggar, dirinya berhasil memenangkan kompetisi tersebut dan pencapaian yang didapatkan mengubahnya menjadi artis terkenal.

Acara ini berlangsung meriah karena dihadiri oleh lebih dari 280 orang penonton. Kegiatan Dies Natalis ini juga menyediakan challenge yang bisa diikuti oleh para pengunjung dan bagi yang beruntung akan mendapatkan hadiah menarik. 

Salah satu tamu undangan bernama Rida mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ternyata melebihi ekspektasinya sendiri, “Awalnya kita enggak nyangka kalau acaranya bakal sekeren ini. Semoga UKM Seni semakin solid dan bisa menghasilkan karya-karya lain yang luar biasa, harapnya. Cindy, penonton lainnya, juga mengungkapkan apresiasi. “Bahkan tadi pas nonton, kita kagum banget sama penampilannya," tambahnya.

Sebagai Ketua UKM Seni UPN “Veteran” Yogyakarta, Fakhry Joniyanto mengatakan, “Dengan adanya acara ini, saya berharap bisa meningkatkan solidaritas, baik solidaritas antaranggota UKM Seni maupun solidaritas antara UKM Seni dengan UKM-UKM eksternal. Selain itu, acara ini juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk memamerkan karya yang luar biasa dari UKM Seni berupa penampilan kolaborasi dari tujuh subunit.” (Dhea Nikmaturrizki)


Editor: Latri Rastha Dhanastri 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.