Header Ads

Peserta dan Panitia PKKBN UPN "Veteran" Yogyakarta Alami Keracunan Pasca Mengonsumsi Makan Siang Outbound

 

Kondisi peserta dan panitia PKKBN UPN "Veteran" Yogyakarta yang mengalami keracunan usai mengonsumsi makan siang saat outbond (Sumber: Upnyk.ac.id)


Yogyakarta, Sikap — Mahasiswa baru dan panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) UPN "Veteran" Yogyakarta alami keracunan usai mengonsumsi makanan saat mengikuti kegiatan outbound yang dilaksanakan di Batalyon Infanteri 403 (Yonmek 403) pada Jum'at (18/08). Peserta serta panitia yang menjadi korban langsung dilarikan ke rumah sakit setelah menunjukan gejala berupa sakit perut, perut terasa panas, sesak hingga mual-mual. 

Koordinator Divisi Acara PKKBN UPN "Veteran" Yogyakarta, Osama Bintang mengungkapkan bahwa gejala keracunan terlihat setelah peserta mengonsumsi makan siang. "Gejalanya mulai dari sakit dan panas leher nya, kemudian perut sakit dan sesak, lalu perut panas dan mual mual," ungkapnya. "Terkait konsumsi, sejauh ini informasi yang kami dapatkan bahwa makan siang berasal dari pihak Batalyon Infanteri 403 (Yonmek 403), namun hal ini masih dikonfirmasi,” lanjut Osama. 

Sejauh ini, tercatat ada lebih dari 100 korban yang terdiri dari panitia dan peserta. "Angka ini masih terus berubah-ubah dan belum pasti, sebab ada pihak panitia yang terkena dampak keracunan ini juga. Pendataan juga masih berproses sebab ada yang sudah pulang dan baru merasa terkena dampaknya, namun ada juga beberapa yang sudah rawat inap," tuturnya. 

Lebih lanjut, Osama juga menjelaskan bahwa biaya pengobatan pada awalnya akan ditanggung oleh pihak kampus. Namun, pihak Batalyon Infanteri 403 (Yonmek 403) juga akan bertanggung jawab terkait masalah biaya tersebut. Kejadian ini sudah ditangani langsung oleh pihak kampus dan korban dilarikan ke rumah sakit. Ada yang dilarikan ke Jogjakarta International Hospital (JIH), Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada, Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito, Rumah Sakit Bethesda, serta Rumah Sakit Umum Daerah Sleman.

Sebanyak 100 gugus peserta PKKBN UPN "Veteran" Yogyakarta melaksanakan kegiatan inbound dan outbound. Agenda outbound sendiri dilaksanakan di beberapa tempat, yakni Akademi Angkatan Udara (AAU), Batalyon Infanteri 403 (Yonmek 403), serta Denhanud 474 Kopasgat. Salah satu peserta PKKBN UPN "Veteran" Yogyakarta, Muhammad Rafi Rizky Albany, mengetahui informasi keracunan ini dari grup WhatsApp fakultas. Mahasiswa Program Studi Manajemen tersebut turut prihatin atas keracunan yang menimpa peserta outbound di Yonmek 403/WP. "Saya prihatin sama kejadian ini dan ikut bersedih atas musibah yang dialami teman-teman yang jadi korban. Gugus saya sendiri mendapatkan lokasi outbound di Kopasgat. Kegiatan selama outbound berupa permainan-permainan seperti lempar pisau, berjalan di atas tali, dan lain-lain," terangnya. (Mutiara Fauziah Nur Awaliah).

 

Editor: Ikhsan Fatkhurrohman Dahlan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.