Header Ads

Webinar Career Compass, Pengembangan Diri dalam Perencanaan Karir di Masa Depan

 

Jalannya Webinar Career Compass pada Sabtu (31/7). (Sumber: Tangkapan layar/Rizki Al Afizd)

Mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta menggelar Webinar Career Compass melalui aplikasi Zoom Meeting pada Sabtu (31/7). Webinar ini merupakan salah satu event dari Ganendra Project yang membahas pengembangan diri dalam perencanaan karir di masa depan dengan tema “Prepare Yourself Through Personal Career”. Webinar yang dibuka untuk umum ini diikuti oleh perserta dari berbagai daerah dan latar belakang pendidikan yang berbeda.

Webinar Caeeer Compass merupakan sebuah acara yang diselenggarakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajement Event Prodi Hubungan Masyarakat. Susunan panitia penyelenggara merupakan mahasiswa prodi Hubungan Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta. Head Of Ganendra Project, Inggit Dwi Prabowo mengatakan, webinar ini dilaksanakan karena saat ini berkarir di dunia kerja semakin sengit persaingannya. Hal tersebut diperparah dengan pandemi virus Covid-19 belum juga mereda.

“Persaingan dunia kerja sekarang semakin berat, ditambah pandemi sekarang ini. Jadi, perlu dipersipakan sedini mungkin, terutama bagi generasi millennial. Maka dari itu, Ganendra Project membuat event ini agar millenial bisa mempersiapkan karir kerjanya,” ungkap Inggit.

Career Compass menghadirkan Nyoman Meta Rosanti selaku Talent Manager di Glints Singapore, Muhammad Rizqullah selaku Learning Transformation Consultant di Daya Dimensi Indonesia, Yessica Ramadhanisya selaku Business Development Executive Inspigo.id, dan Muhammad Hafiz seorang   praktisi HR UMKM yang saat ini menjabat sebagai People & Culture Manager di Pameo, sebuah perusahaan creative agency di Jogja. Para pembicara membagikan berbagai tips dan pengalaman di dunia kerja, mulai dari pengalaman pribadi, tips wawancara kerja, hingga pembuatan CV yang baik.

Materi yang dibawakan oleh narasumber mampu menarik perhatian audiens dari awal hingga akhir acara. Hal ini diakui oleh Stanely Nugraha, peserta webinar dari Surabaya yang mengaku senang dengan materi yang ia dapatkan setelah mengikuti webinar.

“Di luar ekspektasi banget. Terutama saat kak Hafiz tadi, benar-benar dibedah bagimana cara membuat CV. Jadi tahu sekarang, oh tenyata masih banyak CV aku yang masih salah,” tuturnya ketika diwawancarai setelah acara webinar.

Webinar yang telah dipersiapkan selama satu bulan tersembut disambut dengan antusias oleh peserta. Terbukti, kurang lebih 150 peserta yang hadir dalam webinar kali ini. Acara yang dibuka sejak jam 13:00 hingga 17:00 ini juga berlangsung interaktif. Hal tersebut terlihat dari interaksi antara pemateri dengan peserta, hingga keseruan sesi tanya jawab dengan para narasumber.

Wah, rame banget ya kolom chat-nya dengan komentar-komentar kalian (peserta webinar). Kayaknya semangat banget mengikuti webinarnya,” ujar Muhammad Hafiz, salah satu pemateri saat sesi pemaparan materi webinar.

Tanggapan positif juga diungkapkan oleh Annisa Nurul Amalia, mahasiswi Universitas Gadjah Mada.  “Ekspektiku tuh bakal kayak webinar-webinar pada umumnya. Ternyata ini seru banget. Terutama pembicaranya sih, keren banget,” tutur Annisa.

Setelah berakhirnya acara, Inggit selaku ketua dari Ganendra Project merasa acara pada hari ini berjalan lancar dan sesuai rencana, walaupun ada kendala jaringan. Ia mengatakan, Sharing Session seperti webinar diharapkan mampu menggugah semangat dan motivasi millennial ketika memasuki dunia kerja. Besar harapan Inggit agar para peserta semakin mengenal dunia kerja dan lebih memahami bagaimana dunia kerja. Selain itu, dirinya juga berharap agar para perserta mampun merencanakan karirnya di masa depan. (Rizki Al Afizd)

Editor: Mohamad Rizky Fabian

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.