Header Ads

PKKBN FISIP 2021 Ajak Mahasiswa Baru Berseri di Tengah Pandemi

 

Acara PKKBN FISIP 2021 (Sumber: Tangkapan Layar Delima Purnama Sari)

Belum lama ini, UPN “Veteran” Yogyakarta merayakan pesta penyambutan mahasiswa baru melalui kegiatan PKKBN. Setiap panitia pelaksana baik di tingkat universitas, fakultas, maupun jurusan saling berlomba untuk membuat konsep acara yang menarik. Tak terkecuali Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Melalui tema “Adisatria Gantari” yang diangkat pada kesempatan ini, Panitia PKKBN FISIP ingin mendorong dan mengajak para mahasiswa baru untuk menjadi pahlawan yang bersinar layaknya mentari. Di tengah kondisi yang sulit akibat pandemi, tema ini diharapkan mampu menyadarkan para mahasiswa baru bahwa sebenarnya kita tetap bisa berkontribusi sesuai dengan bidang dan caranya masing-masing.

Semangat “Adisatria Gantari” diimplementasikan melalui beragam konten acara yang ditampilkan. Misalnya, pengenalan organisasi kampus, tanya dekanat, berbincang bersama mahasiswa berprestasi, hingga dialog mencari arti bela negara.

Segmen gim di tengah acara. (Sumber: tangkapan layar/Delima Purnamasari)

Di sela-sela acara juga terdapat gim untuk menghilangkan kejenuhan dari para peserta. Gim ini berupa kompetisi untuk menjawab pertanyaan dari beragam katagori. Dalam sesi ini, mahasiswa baru yang terbagi dalam lima kelompok terlihat begitu bersemangat untuk mengumpulkan poin dan memenangkan perlombaan.

Meski dilakukan secara daring, PKKBN kali ini sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan oleh Wandi Garnida selaku Ketua Panitia. “Tahun kemarin masih menggunakan platform YouTube saja. Sedangkan pada tahun ini, memakai dua platform, yakni Zoom dan YouTube. Jadi, lebih ada interaksi. Orang luar juga tetap bisa melihat acara kita,” jelas Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis ini.

Dibalik suksesnya acara ini, ia menjelaskan bahwa masih terdapat kendala jaringan dalam pelaksanaannya. Oleh sebab itu, siaran YouTube menjadi terpotong dan tidak bisa dilanjutkan hingga akhir. Jadi, sebagian acara hanya dapat diakses melalui platform Zoom saja.

Meskipun demikian, para peserta menanggapi acara ini dengan antusias. Salah satunya adalah Salma Nida. “Menurut saya, PKKBN FISIP sedikit lebih seru dan menarik jika dibandingkan dengan PKKBN Universitas. Ilmunya lebih padat dan memberikan kiat-kiat penting. Kemarin saya masih tidak tahu akan melakukan apa saat sudah mulai kuliah, tetapi setelah mendengar wejangan dari para dekan, sekarang sudah ada gambaran,” ungkap Mahasiswi Angkatan 2021 ini.

Meski durasinya cukup singkat, acara yang dilaksanakan pada Rabu (18/7) dapat membekali mahasiswa baru untuk memasuki dunia perkuliahan. Hal ini diungkapkan oleh Machya Astuti selaku Dekan FISIP dalam sambutannya.

Senada dengan Machya, Wandi juga mengatakan bahwa PKKBN FISIP ini dihadirkan sebagai ajang bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal fakultasnya sendiri. Ia juga berharap bahwa dengan acara ini, mahasiswa baru dapat lebih mudah beradaptasi dengan teman dan lingkungan kampus. Meskipun nantinya, kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring.


Penulis: Delima Purnamasari

Editor: Syiva PBA

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.