Header Ads

PKKBN Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVYK 2021: Maintain Good Society to Create Reliable Economist.

Logo PKKBN 2021. (Sumber: Tangkapan layar/Tarissa Ramadhani)
Acara Pengenala
n Kehidupan Kampus Bela Negara Fakultas Ekonomi dan Bisnis (PKKBN FEB) Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta 2021 dilangsungkan pada Rabu (18/8). Kegiatan tersebut berlangsung dengan menggunakan sistem daring. Platform yang digunakan dalam PKKBN FEB kali ini adalah platform Zoom dan disiarkan di YouTube PKKBN FEB. Tema yang dipilih pada PKKBN FEB kali ini yaitu “Maintain Good Society to Create Reliable Economist” dengan jargon Satria Persada Millenial Intelektual.

PKKBN FEB diikuti oleh mahasiswa baru dari 3 program studi untuk jenjang strata 1 (S1) yaitu Manajemen, Ilmu Ekonomi Pembangunan, dan Akuntansi. FEB merupakan salah satu fakultas yang paling banyak diminati oleh peserta SBMPTN dan juga Seleksi Mandiri. Berbeda dari tahun sebelumnya, PKKBN FEB 2021 menggunakan Zoom sebagai media interaksi antara mahasiswa baru dengan panitia. Hal ini juga bertujuan untuk mengontrol mahasiswa baru ketika mengikuti kegiatan PKKBN FEB.

Menurut Safira Brilian selaku Ketua Pelaksana PKKBN FEB, tema “Maintain Good Society to Create Reliable Economist” dipilih karena interaksi antara mahasiswa sangat berkurang dengan adanya pandemi Covid-19.  “Kita harus selalu menjaga hubungan yang baik dan harmonis dengan seluruh keluarga Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sehingga, ketika para mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan di UPNVYK, mereka akan menjadi ekonom yang handal dan bijak, memiliki hubungan yang harmonis antar sesama, serta memiliki life manner yang sangat baik,” ujarnya.

Variety Show with Alumni di PKKBN FEB 2021. (Sumber: Tangkapan layar/Tarissa Ramadhani)

Persiapan acara PKKBN FEB telah dilaksanakan sejak akhir Maret 2021. Panitia berusaha untuk mempersiapan acara dengan matang dan tanpa kendala. Dalam proses produksi konten, panitia melibatkan KM FEB, dosen, jajaran dekanat, serta beberapa narasumber eksternal.

PKKBN FEB pada tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya. Meskipun masih dilaksanakan secara daring karena kasus Covid-19 yang belum reda, PKKBN FEB 2021 memiliki inovasi yaitu pembuatan jingle dan tarian. Hal ini dapat dikatakan istimewa karena baru dilaksanakan pada PKKBN tahun ini.

Kegiatan PKKBN FEB 2021 pun berlangsung tanpa ada kendala berarti. Mulai dari Talkshow bersama Dekan, Wakil Dekan, dan Psikolog, variety show dengan alumni, serta pengenalan Organisasi Kemahasiswaan (OK) dan Kelompok Studi Mahasiswa (KSM), semua berjalan tanpa ada gangguan. Kegiatan tersebut berlangsung sejak pukul 07.30 hingga pukul 11.00 pagi.

Selain acara inti, terdapat beberapa segmen ice breaking dan games di sela-sela acara. Hal tersebut dilakukan guna mencegah rasa bosan dan jenuh dari panitia, narasumber, dan juga mahasiswa baru. Respon positif pun disampaikan oleh salah satu mahasiswa baru Prodi Manajemen, Manuhul Pardamean.

“Kegiatan PKKBN tadi lancar dan seru. Dengan adanya PKKBN FEB ini, saya mendapatkan informasi tentang UPNVYK dan mendapatkan relasi baru. Selain itu, beberapa pelajaran juga saya dapatkan seperti aktif berorganisasi, memiliki manner yang baik sebagai mahasiswa, dan selalu menghargai serta menghormati sesama,” ujarnya.

Pengenalan OK dan KSM. (Sumber: Tangkapan layar/Tarissa Ramadhani)
Antusiasme pun ditunjukan oleh para mahasiswa bar
u dan juga panitia. Feedback yang diberikan oleh para mahasiswa baru terhadap panitia juga sangat baik. Hal tersebut disampaikan oleh Farah Dhiya, Ketua Divisi Humas PKKBN FEB.

“Kami dari panitia turut senang akan apresiasi dari mahasiswa baru. Mayoritas mahasiswa baru memberikan feedback positif (terkait pelaksanaan PKKBN). Kami sebagai panitia senang sekali mendengar hal tesebut,” ujarnya.

Menurut Safira selaku ketua panitia, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan. Meski demikian, dirinya tidak memungkiri bahwa terdapat beberapa kendala meskipun hanya sedikit. “Kalau kendala, mungkin hanya 10 persen saja. Kendala tersebut disebabkan oleh masalah teknis. Untuk keseluruhan acara, berjalan dengan lancar dan sesuai harapan,” tuturnya.

Harapan serta pesan pun disampaikan oleh panitia PKKBN FEB 2021 kepada mahasiswa baru mahasiswa baru. “Semoga mahasiswa baru bisa survive dalam berkegiatan secara daring dan dapat merasakan euforia menjadi mahasiswa setelah peralihan dari siswa SMA.  Selain itu, mahasiswa baru diharapkan dapat merasa Bahagia serta bangga karena telah menjadi bagian keluarga besar UPNVYK. Semoga keadaan segera membaik dan kita dapat melaksakan kegiatan perkuliahan secara offline,” harap Safira.

Sementara itu, apresiasi terhadap jajaran panitia yang telah menyiapkan acara dengan matang disampaikan oleh Farah Dhiya, Ketua Divisi Humas PKKBN FEB. “Salut untuk seluruh pihak yang telah membantu kegiatan ini sehingga PKKBN FEB 2021 dapat berjalan lancar dan berkesan. Sampai jumpa di PKKBN FEB 2022!” ujar Farah Dhiya. (Tarissa Ramadhani)

Editor: Mohamad Rizky Fabian

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.