Header Ads

5 CM : Motivasi Anak Muda Mendaki Gunung

Poster film 5 cm (Sumber: The Movie Database)

5 cm merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel karya Donny Dhirgantoro dan dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini berkisah tentang lima orang sahabat yaitu Zafran, Genta, Riani, Ian, dan Arial. Mereka bersahabat sejak SMP hingga sudah bekerja, kecuali Ian yang masih belum lulus dari kuliahnya. Suatu saat ketika mereka sedang nongkrong di rumah Arial, Genta merasakan kebosanan dalam persahabatan mereka, begitu pula dengan yang lainnya, kecuali Riani. Genta menginginkan agar mereka berlima tidak bertemu atau berhubungan sejenak, Riani yang mendengar itu merasa sedih, kemudian Zafran mencoba menenangkan. Akhirnya mereka semua setuju, selama tiga bulan tidak bertemu dan tidak berbicara, baik langsung maupun melalui telepon genggam.

Diam-diam, Genta sudah menyusun rencana pertemuan yang tidak akan dilupakan seumur hidup bagi keempat sahabatnya. Seminggu sebelum hari pertemuan mereka setelah tiga bulan berpisah, Genta memberi kabar kepada para sahabatnya untuk mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan. Hingga pada saat hari tersebut tiba, mereka semua sudah berkumpul di stasiun dan ternyata Dinda, adik Arial ikut pada liburan kali ini. Ketika kereta sudah mulai berjalan, terasa ada yang masih tertinggal, ternyata Ian belum masuk kereta. Dari kejauhan, Ian berlari menyusul sahabat-sahabatnya dan akhirnya berhasil masuk kereta.

Singkat cerita, setelah sampai di Stasiun Malang, mereka langsung naik Jeep terbuka. Ketika sampai tujuan, tepatnya di kaki Gunung Semeru puncak gunung tertinggi di Jawa, mereka terpana dengan pemandangan yang disuguhkan di sana. Langsunglah mereka mempersiapkan pendakian menuju puncak Gunung Semeru. Lika-liku pendakian mereka rasakan hingga akhirnya mereka dapat mencapai pucak dengan selamat.

Film 5 cm jauh berbeda dari novelnya, beberapa adegan di filmnya sedikit diubah, seperti Genta yang pada akhirnya bersama Dinda, ini sedikit plot twist. Beberapa adegan di film ini juga terlalu lebay atau dramatis, seperti Ian yang mengejar gerbong depan padahal ia bisa saja masuk melalui gerbong belakang. Kemudian peristiwa jatuhnya batu-batu dari puncak yang membuat lima sahabat ini luka-luka juga sedikit kurang masuk akal.

Terlepas dari itu semua, film ini sangat direkomendasikan untuk ditonton. Selain sinematografinya yang epik dan pemain yang bagus dalam berakting, film ini mengandung pesan moral yang sangat baik salah satunya nasionalisme. Misalnya saat mereka merayakan hari kemerdekaan di puncak tertinggi di Jawa dan Ian yang mengurungkan niatnya berkuliah di Jerman karena ia sangat mencintai tanah airnya. Selain nasionalisme, film ini juga memotivasi anak muda untuk mulai mendaki gunung, terlihat dari banyaknya para pendaki di Semeru akibat film 5 cm yang sedang populer pada kala itu. (Maritza Luthfi)


Editor: Wafa' Sholihatun Nisa'

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.