Header Ads

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Semester Genap

Ilustrasi persiapan kuliah secara daring. (Sumber: Youtube.com/Bestdressed)

Sudah hampir 3 semester kelas dilaksanakan secara virtual dari rumah masing-masing. Tidak terasa kita akan menjejakan kaki di semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang akan dimulai pada 8 Maret 2021. Nahsebelum memulai kegiatan perkuliahan daring, berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pedoman teman-teman sebelum memasuki semester yang baru.

Take Care of Your Self

Sebelum ke persiapan yang lebih lanjut, hal ini menjadi hal utama yang harus kalian perhatikan. Kenali batas diri, kelebihan, dan kekurangan diri sendiri. Apabila merasa ada yang ingin disampaikan kepada yang dipercaya (bisa profesional, teman sebaya, atau orang tua), segera komunikasikan dan jangan dipendam. Siapa tahu, orang terdekat anda dapat memberikan solusi .

Beradaptasi dengan suasana baru.

Apabila merasa bosan dengan suasana semester yang sudah lalu, kita bisa membuatnya menjadi lebih nyaman dengan mengubah setup belajar sebelumnya menjadi setup yang “baru”. Baru dalam artian merasa ada perubahan sehingga tubuh merasa antusias dalam menghadapi semester yang baru. Pastikan juga distraksi di suasana baru telah diminamilsir sehingga saat digunakan untuk belajar secara daring akan terasa nyaman dan fokus.

Penulis sendiri menemukan beberapa kasus siswa/mahasiswa yang masih tertekan dikarenakan perubahan pola dari yang sebelumnya dilakukan secara fisik menjadi virtual atau daring. Hal tersebut penulis temukan dalam acara BBC Radio 1’s Life Hacks Episode Student Life and Lesson from 2020. Beberapa teman juga mengalami kejadian yang sama. Hal tersebut secara psikologis bisa dikatakan sebagai interupsi kesehatan mental.

 To-Do List!

To-Do List merupakan perencanaan aktivitas yang akan dilakukan selama satu hari dan seterusnya. To- Do List bermaksud memotivasi dan mengetahui prioritas tugas dan lainnya, baik waktu libur maupun waktu studi. Isinya pun tidak terbatas pada kuliah saja. Barang-kali ada rencana untuk bersepeda santai dan melepas-lelah. Mengikuti webminar daring pun bisa menjadi pilihan.

Tempatkan To-Do list di tempat yang strategis sehingga memastikan kamu mudah mencarinya. Bisa di aplikasi ponsel pintar agar lebih efisien. Secara umum, To-Do list di Ponsel pintar sudah dilengkapi dengan fitur tanggal, waktu, aktivitas dan detail lainya.

Manajemen waktu sebaik mungkin

Sistem daring sangatlah berbeda dengan sistem luring dimana kita bisa mengetahui secara jelaruangan dan waktu dimulainya kelas. Sistem daring terkadang dirasa memberatkan pada awalnya karena sering terjadi perubahan jadwal dan platform dalam waktu yang cukup singkat.

Sebagai tindak lanjut dari To-Do list, manajemen waktu merupakan Break-down nyata dari perencanaan sebelumnya. Manajemen waktu menjadi hal yang sangat penting. Usahakan bisa memulai kelas atau perencanaan lainnya sesuai dengan yang sudah direncakan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terlambat masuk ruangan virtual kelas atau tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas yang diberikan.

Rencakanakan studimu dan temukan cara terbaik

Yang terakhir dan juga tak kalah penting adalah menentukan mata kuliah yang akan ditempuh di semester genap. Kenali subjek dan juga dosen yang mengampu mata kuliah tersebut. Kalian juga dapat mengenali platform yang akan digunakan seperti Zoom, Google Meet dan platform lain yang disepakati oleh dosen mata kuliah masing-masing. Terakhir, pastikan tidak ketinggalan informasi dari kampus agar memudahkan kita saat menempuh proses perkuliahan daring. (Arvy Zulfan)

Editor: Risky Redemptus

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.