Header Ads

Terhambatnya Aktivitas UKM Olahraga akibat Pandemi

Kumpulan foto kegiatan UKM olahraga.

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta memiliki berbagai wadah untuk menyalurkan kreativitas dan aspirasi mahasiswanya. Wadah tersebut bisa berupa organisasi kemahasiswaan atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). UKM bidang olahraga pun didirikan agar minat dan bakat civitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta tersalurkan dengan maksimal. Namun, aktivitas UKM Olahraga seperti Hockey, Futsal, Basket, Voli, Taekwondo, dan lain-lain harus terhambat akibat pandemi

Selain melatih fisik anggotanya, UKM olahraga mampu menambah kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat. Selain itu, kegiatan UKM olahraga dapat mengisi waktu luang di sela sela perkuliahan, menjalin relasi antar kampus, bekerjasama dalam tim kepengurusan UKM, serta menjadi kesempatan untuk mengharumkan nama Universitas dengan prestasi.

Yosi, salah satu pengurus UKM Basket mengatakan bahwa ada perbedaan aktivitas sebelum dan setelah pandemi “Sebelum pandemi, anggota turut aktif dalam latihan jadi membantu untuk menjaga badan. Kalau sekarang lebih ke organisasinya. Jadi kemampuan organisasi bisa diasah, ujarnya.

Latihan UKM basket sebelum pandemi Covid-19. (Sumber: Dokumentasi UKM basket)

Manfaat tersebut membuat para anggota UKM senang membentuk suatu organisasi yang memiliki minat dan bakat yang sama. Namun, kegiatan UKM olahraga mengharuskan anggotanya untuk latihan mempersiapkan turnamen sehingga para anggota tersebut terseleksi dengan sendirinya. Anggota yang ikut latihan pun menjadi lebih sedikit.

Selain perkuliahan yang berganti menjadi sistem daring (online), hampir seluruh kegiatan di luar perkuliahan terhenti seperti UKM olahraga di kampus UPN “Veteran” Yogyakarta. Beberapa mahasiswa yang merantau juga telah kembali ke kampung halaman masing-masing sehingga tidak banyak yang dapat mengikuti latihan rutin. Hal ini dikarenakan pandemi yang mengharuskan menjaga protokol kesehatan. Kegiatan UKM olahraga yang semestinya berkumpul latihan pun ditiadakan.

Latihan juga menjadi berbeda selama adanya pandemi ini. “Latihan berganti menjadi latihan mandiri di rumah masing-masing agar stamina tubuh tetap terjaga,” ujar Difa, salah satu anggota UKM Sepakbola dan Futsal.

Terhentinya UKM olahraga ini juga menghentikan turnamen kejuaraan di masa pandemi untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Turnamen dan latihan digantikan oleh seminar olahraga serta kegiatan organisasi kepengurusan UKM.

UKM Hockey yang melakukan foto bersama setelah latihan (Sumber: Dokumentasi UKM Hockey)

“Untuk beberapa turnamen diberhentikan semenjak adanya pandemi. Awalnya pada tahun 2020 sempat mengikuti turnamen dengan UKM Hockey UGM namun ditunda hingga situasi memungkinkan,” kata Nada, salah satu anggota UKM Hockey.

Para anggota UKM olahraga pun berharap agar pandemi segera berakhir agar UKM tersebut dapat menjalankan aktivitasnya seperti sedia kala. Mereka juga tidak sabar untuk mengukir prestasi dan mengharumkan nama Universitas. (Marizka Zahra Annisa)

Editor: Mohamad Rizky Fabian

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.