Header Ads

Pemberlakukan PKKBN Daring oleh UPN “Veteran” Yogyakarta



PKKBN UPN "Veteran" Yogyakarta tahun 2018 (Foto: Kuni Qurota Aini)

Kebijakan new normal atau masa normal baru membuat berbagai sektor memperbarui berbagai protokol kesehatan dalam programnya. Tak terkecuali sektor pendidikan yang akan segera menghadapi semester baru.  Salah satu program yang turut mengalami adaptasi adalah masa orientasi atau Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK).

Wacana penyelenggaraan PKK secara daring dikabarkan lebih dulu oleh Universitas Gadjah Mada. Sama halnya dengan UGM, UPN "Veteran" Yogyakarta juga menetapkan pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) secara online. Keputusan tersebut diambil sebagai adaptasi terhadap masa new normal. Rencananya PKKBN akan diselenggarakan pada tanggal 21-25 September 2020.

Dr. Novrido Charibaldi, S.Kom., M.Kom. selaku panitia PKKBN 2020 mengatakan, "secara rancangan sudah, porsi dari masing masing elemen, panitia, dan event organizer sudah disiapkan dan disesuaikan dengan keadaan mahasiswa.” Ia juga melihat penyesuaian konsep dengan protokol kesehatan ini akan diikuti mahasiswa baru melalui daring penuh, sedangkan untuk panitia akan dilakukan semi-online.

Menanggapi kebijakan PKKBN daring, ketua panitia PKK FISIP 2020 Akhsanul A'mal  Ar-Rofi mengatakan bahwa ini merupakan sebuah tantangan, “PKK yang dilaksanakan secara daring merupakan suatu hal yang benar-benar baru, belum pernah ada PKK daring sebelumnya. Kami sebagai panitia, harus membuat acara yang bisa semenarik PKK pada umumnya tapi dilaksanakan secara daring. Ini tentu saja bukan sesuatu yang mudah.” Menurutnya, tidak adanya role model atau contoh dalam pelaksanaan PKK daring juga menjadi kendala yang menuntut panitia untuk membuat konsep baru. (Kuni Qurota Aini)

Editor: Rieka Yusuf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.