Header Ads

Apresiasi untuk Mahasiwa di Akhir Mata Kuliah Apresiasi Film dan TV

Mahasiswa yang menjadi penulis Buku "Menguliti Film dan Televisi" (Foto: Tim Dokumentasi Acara)

Sejak Senin, 9 Desember lalu, Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta sudah mulai menghadapi Ujian Akhir Semester. Sebagai bentuk Tugas Akhir, Fajar Junaedi, salah seorang Dosen Ilmu Komunikasi, memberikan tugas kepada mahasiswanya untuk membuat riset kecil tentang program TV atau film, namun bedanya artikel dari mahasiswa tersebut dikompilasikan menjadi sebuah buku yang berjudul “Menguliti Film dan Televisi”. Buku ini sudah dilaunching pada hari Minggu (15/12) lalu, bertempat di Artevac Coffe, Babarsari. 

“Acara ini sebenarnya bagian dari proses yang panjang. Proses itu diawali ketika saya mengusulkan pada mahasiswa bagaimana jika tulisan yang dibuat itu dikompilasikan menjadi sebuah buku,” kata dosen pengampu mata kuliah Apresiasi Film dan TV tersebut.

Sesi Diskusi bersama Senja Yustitia (Foto: Tim Dokumentasi Acara)

Acara launching buku “Menguliti Film dan Televisi” ini turut serta menghadirkan Senja Yustitia sebagai pembicara yang merupakan Dosen UPN “Veteran” Yogyakarta dan juga mantan wartawan. Selain membedah 3 tulisan, acara ini diselingi dengan beberapa lagu 
soundtrack film yang juga ditulis pada buku tersebut. Total ada 21 tulisan tentang berbagai film dan program televisi yang diulas.

Realitanya, memang banyak tugas yang diberikan oleh dosen tentang mini riset bahkan skripsi harus berujung di tempat sampah. Padahal tidak sedikit mahasiswa yang mengerjakan tugas tersebut dengan sungguh-sungguh bahkan merelakan sebagian waktu istirahat atau tidurnya. Muhammad Irfan Hermawan, salah satu penulis buku “Menguliti Film dan Televisi”, menceritakan kesulitan yang dialaminya ketika membuat tulisan. “Saya merasa kesulitan dalam mengembangkan ide dan juga mencari sumber data untuk dijadikan referensi. Oleh karena itu, saya  menjadi lebih giat dalam mencari referensi hingga mengorbankan waktu istirahat,” ungkap Irfan.

“Daripada tulisan mahasiswa dibuang di tempat sampah, kenapa kita tidak serius membuatnya menjadi buku dengan mahasiswa sebagai penulis dan editornya,” jelas dosen yang akrab disapa Mas Jun tersebut. Lebih lanjut, buku tersebut akan dibagikan kepada para penulis sehingga dapat menjadi portofolio masing-masing. Ia juga berpesan kepada mahasiswa agar buku ini bisa ditaruh di perpustakaan dan nantinya bisa dikutip oleh mahasiswa lain sehingga bermanfaat bagi orang lain.

Pembuatan buku “Menguliti Film dan Televisi” juga bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa agar tidak melakukan plagiarisme. Dalam buku ini, Fajar Junaedi mengingatkan dan melarang plagiarisme kepada seluruh mahasiswanya ketika proses pembuatan tulisan karena para penulis harus dapat bertanggung jawab atas tulisannya. Selain merugikan orang lain yang dijiplak karyanya, plagiarisme pun dapat membawa dampak buruk bagi yang melakukannya. Tidak berkembang gagasan atau ide yang sebenarnya dapat diciptakan sendiri menjadi salah satu dampak buruknya. Diharapkan dari proses ini, budaya plagiarisme dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan.  (Diva Arifin)

Editor: Ayu Fitmanda Wandira



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.