Header Ads

YES! Sebuah Kampanye Sekaligus Kompetisi yang Membahas E-Sport dari Sisi Lain

 Sesi diskusi bersama Mbah Dojo selaku Founder DOJO (kedua dari kiri), Simson selaku Ketua IeSPA DIY (kedua dari kanan), dan Male selaku Creative Director ESSE (paling kanan) (Foto: Rieka)


Sebuah kampanye sekaligus kompetisi e-sport bertajuk Yogyakarta E-Sport & Sharing atau YES! telah diselenggarakan di Hartono Mall Yogyakarta (4/5). Tidak hanya merebutkan juara dalam permainan Mobile Legend, acara ini juga membahas permainan online dari sisi bisnis, organisasi, dan proplayer. Sebanyak 11 tim yang berhasil masuk final mengikuti diskusi bersama 3 narasumber yang berasal dari Dolanan Jogja (Dojo), IeSPA Provinsi DIY, dan Creative Director ESSE.

“Kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa permainan online tidak melulu merujuk pada hal negatif. Untuk itu kami membahas permainan online dari berbagai sisi,” ujar Prehapsari selaku ketua panitia.

Saat ini dunia ­e-sport menjadi salah satu sektor olahraga yang dilirik banyak pihak. Hal ini dibuktikan dengan masuknya cabang olahraga ­e-sport pada kompetisi berkancah internasional, seperti Asian Games. Salah satu pemenang dari kompetisi ini, Abdi Khairil berpendapat bahwa, dunia olahraga elektronik saat ini memiliki prospek yang cukup baik, “e-sport saat ini sudah didukung pemerintah. Bahkan, sudah banyak anak muda di Jogja mengikuti kompetisi di tingkat nasional.”

Contoh lain dari kemajuan olahraga elektronik ini, terbukti dengan didirikannya Indonesia e-Sports Association (IeSPA), sebuah institusi yang menaungi e-sport.  Menurut Simson, Ketua IeSPA Jogja, dukungan pemerintah melalui DISPORA pada perkembangan olahraga elektronik, diwujudkan dengan mengadakan kompetisi di tiap daerah untuk mendapatkan kandidat yang akan diikutsertakan pada kompetisi di tingkat lebih tinggi.

Sedangkan dari segi bisnis, kehadiran ESSE sebagai salah satu event organizer yang menyelenggarakan berbagai acara olahraga elektronik, membuktikan peran e-sport dalam segi ekonomi. Begitu juga dengan Dolanan Jogja, tempat berkumpulnya para pemain game online berprestasi. Di sana, mereka dapat terus mempertahankan eksistensinya dalam dunia e-sport. (Rieka Yusuf)

Editor: Ganisha Puspitasari

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.