Header Ads

Pantai Greweng, Alternatif bagi Pecinta Camping



Suasana asri pantai greweng Gunung Kidul, Yogyakarta. Credit :Derry Nur Hidayat



Gunung Kidul, SIKAP- Gunung Kidul memiliki banyak pantai yang sangat indah dan mempesona. Mulai dari yang terkenal seperti Pantai Baron, Indrayanti, Drini, Sadranan, hingga pantai yang masih tersembunyi.

      Pantai Greweng adalah salah satu objek wisata di Gunung Kidul yang masih tersembunyi. Pantai ini memiliki bentuk yang mirip dengan Pantai Baron, yaitu diapit oleh dua bukit karst besar disebelahnya, hanya saja Pantai Greweng memiliki pasir putih, bukan pasir hitam layaknya di Pantai Baron Untuk menikmati keindahan pantai ini, pengunjung membutuhkan waktu 3 jam perjalanan dari Yogyakarta. Tak berhenti sampai disitu, pengujung harus berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh 2 kilometer untuk sampai ke bibir pantai. Perjalanan itu tidak akan terasa, pasalnya, selama perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan indah dari goa dan bukit kapur yang masih alami.

      Bagi mahasiswa yang hobi berkemah atau camping, pantai greweng merupakan referensi tempat yang cocok. Hanya dengan Rp.5.000 pengunjung sudah bisa camping. ”Misalnya ada yang camping, perkelompok kita tarik Rp.5000 untuk uang kebersihan,” ungkap Sakini (41), salah satu penjaga warung Pantai Greweng. Kebersihan tempat ini terbilang masih terjaga dengan baik, masyarakat sekitar selalu membersihkan sampah pengunjung yang masih tertinggal setiap harinya. “Kita setiap hari, setelah pengunjung sepi selalu memungut sisa-sisa sampah yang masih tertinggal,” lanjut Sakini.

      Pantai ini merupakan salah satu pantai yang belum dikembangkan dan masih benar-benar alami. Suasana hening dan nyaman akan didapatkan ketika berkunjung kesana. Berbeda dengan pantai gunung kidul lainnya yang sudah kotor dan penuh dengan penginapan yang merusak pemandangan pantai. Salah satu kendala yang muncul ketika berkunjung ke pantai ini adalah tidak adanya papan nama Pantai Greweng. Untuk bisa mencapai pantai itu pengunjung harus berjalan lurus sampai Pantai Jungwok, setelah itu meminta petunjuk dari warga sekitar untuk menuju Pantai Greweng. Selamat berlibur ! (Dery Nur Hidayat).

 Editor : Kristi Dwi Utami 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.